Inilah Jawara E-Commerce yang Bertahan di Tengah Ekonomi Global yang Tak Menentu

Rabu, 18 Januari 2023 - 09:00 WIB
loading...
Inilah Jawara E-Commerce yang Bertahan di Tengah Ekonomi Global yang Tak Menentu
Kondisi ekonomi global tak menentu sepanjang 2022. Para pemain e-commerce mengatur ulang strategi.
A A A
JAKARTA - Kondisi ekonomi global tak menentu sepanjang 2022. Hal ini menyebabkan banyak perusahaan, termasuk perusahaan teknologi mengalami pasang surut dalam perjalanan bisnisnya sepanjang tahun.

Kondisi tak menentu yang masih berlanjut hingga 2023 ini harus dihadapi bisnis e-commerce. Bisnis berbasis digital ini ditantang untuk melakukan berbagai perubahan dan merancang strategi baru yang tepat untuk terus tumbuh dan berkembang.

Masing-masing pemain e-commerce mengatur ulang strategi, karena bagaimanapun e-commerce memiliki peran terhadap individu juga keberlangsungan bisnis. Skema strategi yang dilakukan bukan hanya meliputi berbagai promo dan diskon terbaik untuk menarik pengguna, tetapi wadah yang dapat mendukung penjual untuk bertahan menjaga keberlangsungan bisnisnya.

Tim redaksi tertarik untuk menelisik lebih dalam mengenai bagaimana kompetisi para pemain utama e-commerce di Indonesia sepanjang 2022, di tengah kondisi ekonomi global tak menentu dan berbagai perubahan strategi yang telah dilakukan. Siapa yang unggul dan menjadi jawara pilihan pengguna dan penjual di Indonesia?

Seperti diketahui terdapat tiga nama besar dalam industri e-commerce di Indonesia, yaitu Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Tiga nama ini terus mendominasi pasar e-commerce di Tanah Air. Berdasarkan data App Annie, sepanjang 2022 Shopee tercatat sebagai platform belanja online nomor 1 di Indonesia dengan jumlah total unduhan terbanyak baik di Google Play atau Apple Store.

Selain itu Shopee menjadi platform belanja online nomor 1 dalam jumlah pengguna aktif bulanan terbanyak. Hal ini makin diperkuat oleh data dari SimilarWeb yang menyebutkan bahwa Shopee merupakan marketplace dengan pengunjung website tertinggi dengan rata-rata 181 juta pengunjung per bulan selama tiga bulan terakhir (Oktober - Desember 2022).

Dengan demikian Shopee memimpin jauh dengan rata-rata selisih 46 juta pengunjung per bulan dibanding Tokopedia, yang menempati posisi kedua dengan rata-rata 135 juta pengunjung per bulannya.


Inilah Jawara E-Commerce yang Bertahan di Tengah Ekonomi Global yang Tak Menentu

Data tersebut selaras dengan beberapa hasil riset yang dilakukan pada kuartal empat 2021 hingga 2022 kemarin. Pada awal 2022, Ipsos merilis hasil riset persaingan dalam industri e-commerce yang menempatkan Shopee pada peringkat pertama pada empat penilaian indikator yang digunakan dalam survei.

1. Indikator merek yang paling sering digunakan atau Brand Use Most Often (BUMO). Berdasarkan BUMO ini, 54% responden memilih Shopee, disusul dengan Tokopedia (30%) dan Lazada (13%).

2. Indikator Top of Mind, Shopee menduduki peringkat pertama 54%, diikuti oleh Tokopedia (27%) dan Lazada (12%). Artinya Shopee adalah merek atau platform e-commerce yang paling diingat oleh mayoritas konsumen Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4102 seconds (0.1#10.140)