Bukan Sekadar Hiburan di Perayaan Tahun Baru Imlek, Ini Sederet Fakta tentang Barongsai

Rabu, 18 Januari 2023 - 14:54 WIB
loading...
A A A
Musik yang mengiri barongsai biasanya bersuara sangat nyaring, hingga Anda dibuat terpana. Alat musik yang dipakai di pertunjukan barongsai umumnya genderang, gemerincing simbal, dan gong.

4. Tarian Barongsai

Di beberapa pertunjukan, barongsai kerap menampilkan atraksi kelincahan, silat, hingga atraksi lain sesuai dengan gaya dari barongsai yang ingin ditampilkan. Beberapa pertunjukan menampilkan aksi ekstrem.

5. Gaya Barongsai: Tiongkok Selatan dan Tiongkok Utara

Ya, gaya barongsai ternyata dibagi menjadi dua kubu, yakni selatan dan utara.

Tarian barongsai selatan biasanya menunjukkan gerakan perilaku singa dengan penekanan gerakan seperti mencakar, menggoyangkan tubuh, atau menjilati bulu.

Pertunjukan barongsai selatan umunya ada unsur lucu dan menggemaskan. Itu kenapa di beberapa pertunjukan dilibatkan properti seperti bola yang akan dimainkan barongsai.

Lain halnya dengan barongsai utara. Gaya utara lebih mengedepankan kungfu dengan gerakan super lincah. Tariannya akan menampilkan gerakan senam, guling-guling, bergulat, melompat, memanjat, hingga berdiri.

Baca juga: Belanja Makin Hoki dengan Diskon s.d 90% di AladinMall! Serbu Promo Imlek Disini

Itu dia 5 fakta soal barongsai yang mungkin belum banyak orang ketahui. Dan, tentunya atraksi kesenian China ini sangat menarik untuk dinikmati.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2353 seconds (0.1#10.140)