Santap Sahur dan Berbuka dengan Terong Parmesan

Rabu, 01 Juli 2015 - 06:05 WIB
Santap Sahur dan Berbuka dengan Terong Parmesan
Santap Sahur dan Berbuka dengan Terong Parmesan
A A A
JAKARTA - Terong ternyata mengandung banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Terong memiliki manfaat bagi jantung, otak, pencernaan, kulit, dan masih banyak yang lainnya.

Biasanya terong hanya dimasak dengan sambal atau yang biasa dikenal dengan Balado Terong dan sebagai campuran Sayur Lodeh. Sebagai inovasi, berikut resep Terong Parmesan dari Asianfoodchannel yang dapat Anda coba dan sajikan sebagai santap sahur atau berbuka.

Bahan-bahan:
3 butir telur
100 gr tepung terigu
480 gr terong ungu, potong sesuai selera
60 gr keju parmesan
100 gr tepung roti
Minyak goreng (atau minyak zaitun) secukupnya
Mentega secukupnya
Garam dan merica secukupnya

Bahan saus:

1 siung bawang putih, cincang kasar
1 buah bawang bombay, cincang kasar
1 buah paprika, potong dadu kecil
Daun thyme secukupnya
Daun basil secukupnya
100 gr tomat, blender
50 ml air kaldu ayam

Tambahan: nasi putih

Cara membuat:
Untuk saus: panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang, kemudian tumis bawang bombay dan bawang putih. Setelah harum, tambahkan paprika, kemudian bumbui dengan garam dan merica. Tambahkan tomat yang sudah di blender dan sedikit daun thyme dan basil. Terakhir, tuang kaldu ayam dan masak hingga mendidih dan matang. Sisihkan

Untuk terong: Pertama-tama, bumbui tepung roti dengan garam, merica, dan sedikit daun basil. Aduk merata, dan sisihkan.

Selanjutnya, kocok telur dengan campuran garam. Masukkan irisan terong ke dalam kocokan telur, kemudian pindahkan ke dalam mangkuk berisi tepung terigu dan baluri terong hingga merata. Angkat terong, celupkan kembali terong ke telur, dan terakhir masukkan ke dalam campuran tepung roti. Pastikan seluruh sisi terong berbalut tepung roti secara merata.

Setelah itu, panaskan wajan dengan sedikit minyak zaitun dan mentega. Goreng terong di atas wajan, kemudian taburkan keju parmesan di atas irisan terong.

Tutup wajan dengan penutup agar panas dapat mengalir ke bagian penutup sehingga keju dapat meleleh sempurna. Setelah berwarna coklat keemasan, angkat, dan sajikan dengabn nasi putih.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6397 seconds (0.1#10.140)