Cara Memperbaiki Stunting pada Anak

Sabtu, 04 Juli 2015 - 14:24 WIB
Cara Memperbaiki Stunting pada Anak
Cara Memperbaiki Stunting pada Anak
A A A
JAKARTA - Stunting merupakan masalah kekurangan gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu cukup lama akibat pemberian makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi.
Sebenarnya stunting pada anak di bawah tiga tahun susah untuk diperbaiki.

Namun, dokter spesialis anak konsultan nutrisi dan penyakit metabolik Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. dr. Damayanti R. Sjarif, Sp.A(K), menjelaskan masih ada harapan memperbaiki saat anak pubertas.

"Saat kita bayi tubuh yang mengalami pertumbuhan adalah bagian torso atau batang tubuh. Satu tahun keatas baru bagian kaki. Saat pubertas pun, bagian kaki tumbuh kembali," papar Damayanti di Hotel Intercontinental, Jakarta.

Untuk memperbaiki hal ini, orangtua harus memperhatikan beberapa hal. Seperti asupan nutrisinya, aktifitas dan waktu tidur anak.

"Selain makanan, yang harus diperhatikan agar hormon pertumbuhan anak bekerja dengan maksimal adalah aktifitas dan waktu tidur. Semakin banyak aktifitas fisik, hormon pertumbuhan anak akan bekerja dengan baik," ujarnya.

Menurutnya, hormon pertumbuhan akan bekerja pada pukul 12 sampai 1 malam. Dan hormon tersebut dapat bekerja saat seseorang dalam kondisi tidur nyenyak.

Sementara untuk asupan nutrisi, orangtua harus memberikan makanan yang kaya akan protein terutama protein hewani pada anak.

"Karena inti masalah stunting sebenarnya dari buruknya makanan yang dikonsumsi. Protein anak usia di atas 6-12 bulan itu butuh 1,2 g/kg dari berat badan. Di atas itu lebih banyak lagi proteinnya," tandasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7668 seconds (0.1#10.140)