Kemenpar Dukung Pengembangan Potensi Destinasi Wisata Baru

Rabu, 29 Juni 2016 - 08:10 WIB
Kemenpar Dukung Pengembangan Potensi Destinasi Wisata Baru
Kemenpar Dukung Pengembangan Potensi Destinasi Wisata Baru
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata tengah dengan gencar mempromosikan potensi wisata nusantara ke dunia melalui beragam kegiatan promosi, dalam dan luar negeri. Untuk mencapai target wisatawan mancanegara sebesar 12 juta yang dicanangkan pada tahun ini. Kemenpar mendukung penyelenggaraan salah satu kegiatan promosi yakni Bali & Beyond Travel Fair (BBTF) yang diselenggarakan di Bali, pada 22-26 Juni lalu.

Dalam kegiatan pameran pariwisata tersebut, Kementerian Pariwisata akan mendukung panitia Bali & Beyond Travel Fair melalui kegiatan post tour atau program wisata setelah acara pameran yang diperuntukan bagi agen perjalanan dan media terpilih. Program yang ditawarkan akan menampilkan empat pilihan destinasi yang mencakup Toraja, Bali Barat dan Banyuwangi, Nusa Tenggara Barat serta Pulau Komodo.

“Melalui program post tour ini, kami berharap nantinya mereka yang mengikuti program ini bisa melihat keindahan destinasi secara langsung,” jelas Ketua Panitia Bali & Beyond Travel Fair Ketut Ardana, dalam rilis resminya yang diterima Sindonews.

Dalam program yang bertujuan untuk menampilkan potensi daerah akan ditawarkan destinasi baru ditawarkan kepada masyarakat.

Pilihan program wisata tersebut akan menampilkan beragam tempat wisata, kekayaan budaya dan seni yang menjadi ciri khas masing-masing daerah. Para agen serta media yang diundang bisa memilih satu dari program yang ditawarkan. Diantaranya program wisata antara lain :

- Bali Barat & Banyuwangi
Program ini dimulai dengan perjalanan menjelajah bagian barat pulau dewata seperti keindahan sawah di Pupuan hingga keunikan flora dan fauna asli Bali di Taman Nasional Bali Barat. Perjalanan dilanjutkan ke Banyuwangi yang kini mulai mendapat sorotan publik karena tempat wisatanya yang unik seperti Gunung Gumitir, Pantai Merah serta Pantai Watu Dodol.

- Nusa Tenggara Barat
Melalui program ini, peserta bisa menikmati keindahan alam Lombok dan Gili Trawangan. Kegiatan yang ditawarkan juga mencakup kunjungan ke desa suku Sasak serta tur mengelilingi Mataram.

- Pulau Komodo
Tidak hanya menikmati keindahan alam Pulau Komodo dan menyaksikan Komodo di habitat aslinya, peserta juga bisa menikmati perjalanan di atas kapal laut dan juga mengunjungi lokasi eksotis seperti Pink Beach. Selain itu program ini juga menampilkan keindahan tempat wisata di Labuan Bajo seperti Batu Cermin.

- Toraja
Keindahan dataran tinggi Toraja serta keunikan budayanya ditampilkan khusus melalui pilihan ini, peserta diajak mengunjungi tempat wisata seperti Gunung Nona, Batu Tumonga dan Londa. Selain itu peserta juga akan diajak menikmati kota Makassar sebelum bertolak kembali ke Bali.

Seperti diketahui kegiatan Bali & Beyond Travel Fair ini sudah digelar sejak tahun 2014, BBTF diciptakan oleh beberapa insan pariwisata Indonesia untuk mempromosikan kegiatan promosi kepariwisataan nusantara ke mancanegara.

Acara yang sifatnya B2B (Business to Business) ini mempertemukan pelaku bisnis pariwisata seperti hotel, agen perjalanan lokal, operator wisata, pemerintah daerah dan lainnya dengan pembeli mancanegara yang merupakan agen wisata wholesale dan mereka yang berpotensi untuk menawarkan Indonesia sebagai destinasi wisata kepada pelanggan mereka.

Tahun ini merupakan acara BBTF ketiga dan nantinya Kementerian Pariwisata juga akan mengadakan seminar yang akan mengangkat 10 destinasi wisata baru di Indonesia selain Bali.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1199 seconds (0.1#10.140)