Peningkatan Penggunaan Smartphone Pengaruhi Waktu Tidur Anak

Senin, 07 November 2016 - 01:30 WIB
Peningkatan Penggunaan Smartphone Pengaruhi Waktu Tidur Anak
Peningkatan Penggunaan Smartphone Pengaruhi Waktu Tidur Anak
A A A
JAKARTA - Apakah anak Anda ketagihan main games atau nonton video di smartphone atau tablet saat sudah memasuki waktu tidur? Jika iya, berhati-hatilah. Mereka bisa menghadapi risiko kurang tidur dua kali lipat. Kondisi ini akan menyebabkan sejumlah masalah kesehatan.

Menurut para periset dari Cardiff University di Inggris, tidur sering kali disepelekan. Padahal, aktivitas ini adalah bagian penting bagi perkembangan anak.

Kurangnya tidur bagi anak-anak menyebabkan konsekuensi kesehatan fisik dan mental, termasuk diet yang buruk, mengantuk, obesitas, menurunnya kekebalan tubuh, pertumbuhan yang terhenti dan masalah kesehatan mental. Saat ini 72% anak dan 89% remaja memiliki setidaknya 1 gawai di lingkungan tidur mereka dan sebagian besar digunakan saat mendekati waktu tidur.

“Dengan meningkatnya popularitas alat media portabel, seperti smartphone dan tablet, masalah kurangnya tidur pada anak-anak bakal memburuk,” ujar Ben Carter dari Cardiff University yang dilansir IANS.

Peralatan seperti itu diduga mempengaruhi tidur dengan berbagai macam cara, termasuk mengubah, menunda atau mengganggu waktu tidur. Alat ini juga menstimulasi otak secara psikologis dan mempengaruhi waktu sirkulasi, psikologi tidur dan kewaspadaan.

“Penelitian kami mengindikasikan bahwa pendekatan terintegrasi dengan melibatkan orang tua, guru dan profesional kesehatan penting untuk memperbaiki kebiasaan tidur menjelang waktu tidur,” kata Carter.

Para periset melakukan review sistematik terhadap 20 kajian observasional yang ada yang melibatkan 125.198 anak. Kajian ini dilaporkan di jurnal JAMA Pediatrics.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5383 seconds (0.1#10.140)