Menggunakan Kacamata Hitam Bantu Atasi Susah Tidur

Selasa, 17 Januari 2017 - 21:19 WIB
Menggunakan Kacamata Hitam Bantu Atasi Susah Tidur
Menggunakan Kacamata Hitam Bantu Atasi Susah Tidur
A A A
JAKARTA - Tak hanya sebagai item fashion yang mampu melengkapi penampilan, kacamata hitam juga dipercaya bisa membantu mengatasi sulit tidur. Hal tersebut diungkapkan oleh peneliti tidur, Glenn Landry.

Dilansir dari Yahoo News, kacamata hitam bisa digunakan dua jam sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk mencegah gangguan cahaya biru atau cahaya elektronik yang dihasilkan dari laptop, ponsel dan layar TV yang memengaruhi jam sirkadian atau sistem alami tubuh yang mendeteksi perubahan dari siang ke malam.

Glenn menjelaskan, sistem sirkadian memiliki peran penting yakni membuat tubuh rileks dan mengantuk. Oleh karena itu, agar sistem ini bisa bekerja dengan baik, disarankan untuk menggunakan kacamata hitam selama dua jam sebelum tidur.

"Tujuannya untuk 'mengelabui' sistem sirkadian bahwa itu adalah waktu untuk tidur. Mulai pukul delapan malam, dua jam sebelum pergi ke tempat tidur, pakailah kacamata hitam. Ini bertujuan untuk untuk menghindari cahaya apapun. Dengan begitu, tubuh secara otomatis akan mendeteksi bahwa ini adalah akhir hari," papar Glenn.

Selain itu, Glenn menambahkan, bahwa gangguan tidur juga dialami pada mereka yang jarang mendapatkan sinar matahari pagi. Pasalnya, hal ini menyebabkan hilangnya isyarat ke otak tentang perbedaan kapan harus terjaga dan tertidur.

"Cara lain untuk menghindari insomnia, Anda bisa bangun pagi dan berjemur di sinar matahari. Pastikan pula ruang terpapar cahaya alami saat siang dan gelapkan ruangan jelang tidur," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4896 seconds (0.1#10.140)