4 Kiat Atasi Insomnia pada Malam Hari

Selasa, 19 Oktober 2021 - 01:10 WIB
4 Kiat Atasi Insomnia pada Malam Hari
Insomnia merupakan salah satu jenis gangguan tidur yang biasanya terjadi pada malam hari. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Insomnia merupakan salah satu jenis gangguan tidur yang biasanya terjadi pada malam hari. Apabila seseorang mengidap insomnia, maka hal ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh dan penderitanya akan merasa kelelahan pada keesokan hari.

Mengutip laman Healtline, Senin (18/10/2021), bahwa berdasarkan American Psychiatric Association (APA), faktanya ada sekitar sepertiga orang dewasa telah melaporkan gejala insomnia. Antara 6 sampai 10 persen dari semua orang dewasa memiliki gejala yang cukup parah sehingga dapat didiagnosis sebagai gangguan insomnia.

Baca Juga: Cegah Gelombang Ketiga Covid-19, Pemerintah Siapkan 6 Strategi

Faktor penyebab insomnia bisa berbagai macam seperti rasa cemas, stres, hingga pola tidur yang buruk. Hal tersebut membuat sebagian orang mengonsumsi obat tidur untuk mengtasi masalah insomnia yang dimiliki. Namun, perlu diketahui bahwa hal demikian tidak direkomendasikan karena dikhawatirkan akan memicu gejala penyakit lain.

Lantas bagaimana cara mengatasi insomnia? Berikut beberapa treatment yang dapat Anda lakukan di rumah, seperti dilansir dari laman Halodoc.

1. Melakukan Relaksasi



Sebagai langkah relaksasi, Anda dapat melakukan yoga atau pilates sebelum tidur. Hal ini tentu saja dilakukan untuk mengatasi gangguan tidur yang dimiliki.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti mandi air hangat, mendengarkan musik, menonton drama, atau aktivitas lain yang disukai.

2. Mengatur Jadwal Tidur
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1354 seconds (10.101#12.26)