Amitabh Bachchan Akui Pernah Terserang TB

Senin, 22 Desember 2014 - 15:48 WIB
Amitabh Bachchan Akui Pernah Terserang TB
Amitabh Bachchan Akui Pernah Terserang TB
A A A
MUMBAI - Superstar Bollywood Amitabh Bachchan mengaku pernah terkena tuberkolusis (TB) pada 2000. Penyakit itu menyerangnya ketika dia mulai syuting film Kaun Bangega Crorepati.

Pengakuan ini disampaikan Bachchan ketika tampil di acara kampanye kesadaran TB BMC. Badan yang menggunakan aktor kawakan itu sebagai brand ambassador kampanye ini berharap bintang itu akan membawa perbedaan positif dalam kampanye seperti yang dia lakukan pada kampanye kesadaran polio.

“Beberapa tahun yang lalu, saya adalah pasien TB. Saya belum pernah mengungkapkannya di hadapan publik, tapi sekaranglah saatnya. Kalau ini bisa terjadi pada saya, maka TB bisa terjadi pada siapa saja. Saya lemah dan saya kehilangan selera makan. Tes darah mengungkapkan saya terkena TB,” papar Bachchan, yang dikutip Times of India.

Aktor berusia 72 tahun itu juga mengungkapkan dirinya menjalani perawatan selama setahun. “Saya berada di lingkungan yang baik dan saya cukup beruntung mendapatkan makanan sehat. Terkadang, kita terekspos penyakit itu di tempat tertentu. Jadi, tak perlu waktu lama bagi saya untuk sepakat menjadi brand ambassador kampanye ini,” beber Bachchan.

Pada 2010, Bachchan pernah menuliskan di blog mengenai penyakit itu. “Awalnya, pasien TB dibawa ke sanatorium. Tapi sekarang perawatan terbaik ada di sini,” ujar dia.

Bachchan tampil di iklan TV sepanjang dua menit, dimana dia memerankan peran sebagai seorang sopir taksi dan manager restoran. Dalam iklan itu, dia menekankan pentingnya melakukan tes ludah bagi orang yang menderita batuk selama lebih dari dua pekan. Aktor itu juga mengisi suara untuk jingle radio dan akan muncul dalam poster kesadaran TB.

“Ketika seseorang seperti Bachchan mendukung sebuah kampanye, jaminan sukses. Dia membaut kampanye polio sukses dan kami harap yang sama bisa terjadi dengan TB,” papar komisaris BMC Sitaram Kunte.

Menurut pejabat TB di Mumbai Minnie Khetarpal, pengakuan Bachchan itu bakal membantu menyingkirkan stigma yang tersemat pada penyakit itu. “Ketika orang kondang seperti itu menerima dia menderita TB dan sembuh, bayangkan dampak apa yang akan terjadi pada massa,” ujar Khetarpal.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1168 seconds (0.1#10.140)