6 Makanan Tinggi Sodium yang Kurang Sehat

Sabtu, 16 Mei 2015 - 10:10 WIB
6 Makanan Tinggi Sodium yang Kurang Sehat
6 Makanan Tinggi Sodium yang Kurang Sehat
A A A
JAKARTA - Asosiasi Jantung Amerika (AHA) mengungkapkan ada enam makanan yang menjadi sumber utama garam dalam keseharian kita. Makanan-makanan ini umum kita jumpai dan bahkan menjadi favorit kita.

Yang mengejutkan, makanan-makanan gurih ini tidak termasuk makanan ringan seperti kripik. “Sodium yang berlebihan dalam diet kita tidak terlalu terkait dengan apa yang kita tambahkan dalam makanan kita dan lebih terkait dengan apa yang sudah ada di dalam makanan. Rata-rata individual mendapatkan lebih dari dua kali jumlah sodium yang mereka butuhkan. Tapi selalu ada jalan untuk memperbaiki asupan sodium mereka di bawah kendali,” papar Linda Van Horn, pakar gizi riset di Northwestern University, yang menjadi sukarelawan di AHA, seperti dikutip CBS News.

Panduan diet Amerika Serikat (AS) menyarankan agar orang mengonsumsi tak lebih dari 2.300 mg sodium tiap hari. Tapi, AHA menyarankan jumlah yang lebih sedikit, yaitu 1.500 mg.

Tapi, survei terbaru yang dilakukan asosiasi itu menemukan bahwa sebagian besar warga Amerika rata-rata mengasup 3.400 mg sodium tiap hari. Sebagian asupan itu datang dari makanan olahan dan restoran.

Pusat Kendali dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS menyebut, hal ini berpotensi meningkatkan tekanan darah sehingga meningkatkan risiko stroke dan penyakit jantung. Berikut sejumlah makanan yang memiliki kandungan sodium tinggi.

1. Roti: sepotong roti mengandung sekitar 230 mg sodium dan meningkat cepat kalau roti dimakan di tiap makan.
2. Makanan dingin dan olahan: daging olahan mengandung banyak sodium dan seporsi deli atau kalkun olahan mengandung sekitar 1.050 mg sodium.
3. Pizza: sepotong pizza dapat mengandung 760 mg sodium.
4. Produk unggas: nugget ayam beku mengandung sekitar 600 mg garam, bahkan ayam mentah yang sudah dibungkus sering kali mengandung sodium tambahan.
5. Sup: semangkuk sup panas mengandung sekitar 940 mg sodium.
6. Sandwich: Mengombinasi roti dan daging asap dan keju menambah level sodium di dalam sandwich, terutama jika bahan lain yang juga asin seperti mustard dan saos tomat ditambahkan.

(alv)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1484 seconds (10.101#12.26)