Warna-Warni Make up

Senin, 06 Juli 2015 - 10:08 WIB
Warna-Warni Make up
Warna-Warni Make up
A A A
PEMILIHAN warna merupakan salah satu faktor penting dalam berdandan. Pengaplikasian warna yang tepat sesuai dengan karakter, kegiatan, atau bahkan mood tentunya akan semakin membuat seorang wanita terlihat cantik.

Menurut psikolog Rosdiana Setyaningrum, pada dasarnya warna memiliki korelasi dengan karakter seseorang. Orang menyebut dengan istilah psikologi warna untuk mengartikulasi persepsi manusia terhadap warna yang terlihat oleh mata.

“Setiap warna akan memberikan kesan dan kemudian dipersepsikan secara unik oleh pikiran orang yang sedang melihatnya,” ujar Rosdiana dalam acara Book Launching “Color Therapy: Your Beauty Secret & Beauty Book: Eyes”di Senayan City, Jakarta, pada 26 Juni. Rosdiana pun menjelaskan, dalam psikologi warna, warna merah merupakan simbol dari energi, gairah, action , kekuatan, dan kegembiraan. Sementara itu, warna kuning memberi arti kehangatan dan rasa bahagia.

Dengan kata lain, warna ini juga mengandung makna optimistis, semangat, dan ceria. Ada juga warna pink yang merupakan warna yang melambangkan cinta, romantisme, dan eksentrik. Warna pink juga sering dipersepsikan dengan kesan feminin. Berbeda halnya dengan warna emas yang melambangkan kemegahan, kemakmuran, aktif, dan dinamis. “Setiap orang secara sadar atau tidak sadar memilih beragam warna baik itu untuk make up ataupun berpakaian yang disesuaikan dengan suasana hati orang tersebut,” tambah Rosdiana.

Berdasarkan hal itulah, merek kosmetik Wardah meluncurkan buku yang berjudul Color Therapy: Your Beauty Secret . Carolina Septerita, seniman tata rias (make up artist ) sekaligus salah satu penulis buku tersebut menjelaskan, bila diaplikasikan dan menggunakan warna yang tepat, riasan bisa menonjolkan kecantikan seseorang. “Lewat buku ini, diharapkan pembaca bisa mengerti, memanfaatkan warna, juga menciptakan riasan sesuai kepribadian dan menonjolkan kecantikannya,” tutur Carolina.

Penggunaan warna pada tata rias biasanya sangat terlihat pada pengaplikasian foundation dan eye shadow . Namun, sebelum pengaplikasian kedua alat tersebut, setiap orang harus mengetahui warna kulit dasar masing-masing terlebih dahulu. Carolina pun menjelaskan, secara umum ada empat kategori warna kulit yang paling sering dijumpai di Indonesia. Warna-warna tersebut di antaranya putih porselen, putih gading, kuning langsat, dan sawo matang. Pemilihan warna foundation yang membaur sempurna seperti kulit kedua di kulit wajah berarti cocok dengan warna kulit.

Warna foundation yang dipilih lebih baik setingkat lebih gelap dari warna kulit wajah asli. Caroline menyarankan penggunaan bedak tabur atau lose powder yang dicampur bedak lain yang berwarna kuning. “Untuk foundation , sebaiknya dicampur dengan warna lain seperti warna kuning agar hasilnya terlihat lebih alami,” ujar Caroline. Selain penyesuaian warna pada foundation , penggunaan eye shadow pun harus disesuaikan dengan warna kulit asli.

Orang yang memiliki warna kulit putih porselen biasanya memiliki semburat pink yang sejuk pada wajahnya. Jenis kulit yang mengarah ke warna sejuk ini, akan memiliki pilihan warna yang banyak, mulai dari nuansa pastel seperti pink, magenta atau ungu, warna dengan nuansa redup hingga warna yang cemerlang ataupun gelap seperti hijau gelap dan kuning muda. Sementara itu, untuk orang yang memiliki warna kulit putih gading biasanya memiliki semburat kuning dari kulit.

“Warna yang bisa membuat kulit bernuansa hangat ini terkesan lebih hidup adalah warna dalam nuansa hangat, mulai cokelat, oranye, peach , kuning, hijau, hingga nuansa dingin seperti biru kehijauan (turquoise ) dan ungu,” ujar Caroline. Sementara untuk orang yang memiliki kulit kuning langsat, pilihan warna yang tepat adalah warna cokelat, merah, oranye, kuning, dan hijau terang. Ditambah sedikit warna sejuk seperti biru kehijauan dan ungu gelap. Ada juga orang dengan kulit sawo matang.

Pemakaian warna cemerlang akan membuat kulit yang gelap dengan pigmen cokelat kekuningan ini menjadi semakin cantik berseri. Pilihan warna cemerlang tersebut, di antaranya merah, oranye, hijau, biru, ungu, kuning kunyit, dan shocking pink . Sementara itu, ahli kecantikan Karina Hoshikawa menuturkan, “Seiring perkembangan tren, penggunaan eye shadow bisa dikembangkan untuk penggunaan smokey eyes . Smokey eyes tersebut saat ini bisa dikreasikan dengan warna pastel yang mengkilap, warna nuansa jewel tones , serta warna silver metalik,” ujarnya seperti dilansir style.com .

Terdapat tiga tren warna utama yang dapat diaplikasikan dalam tampilan smokey eyes , di antaranya pink ladies, purple haze , dan silver fox . Beberapa merek kosmetik kelas dunia dapat digunakan untuk memperoleh warna-warna tersebut, di antaranya Dior 5 Couleurs Couture Eyeshadow Palette in Ambre Nuit dan Chanel Stylo Eyeshadow in Laurier Rose.

Dwi nur ratnaningsih
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3383 seconds (0.1#10.140)