Teknik Tepat Gunakan Blush On

Senin, 10 Agustus 2015 - 07:39 WIB
Teknik Tepat Gunakan Blush On
Teknik Tepat Gunakan Blush On
A A A
Penggunaan blush on yang tepat tidak hanya akan memberikan efek merona di wajah, juga membuat pipi terlihat proporsional.

Menurut penata rias profesional Angela Merici, secara umum penggunaan blush ondi pipi harus sangat memperhatikan bentuk wajah dan warna kulit asli dari masing-masing wanita itu sendiri. Untuk wanita yang memiliki wajah berbentuk oval, Angela menyarankan untuk memulaskan blush onsecara memutar di bagian tengah pipi dan kemudian ke arah atas menuju bagian pelipis mata.

“Bentuk wajah ini biasanya tidak memerlukan countouringsama sekali karena sudah cukup proporsional,” ujar Angela di acara peluncuran Make-up Canmakedi XXI Lounge, Djakarta Theater, Jakarta, Rabu (5/8).

Berbeda halnya dengan wanita yang memiliki wajah bulat, sebaiknya pemakaian blush ondimulai di bagian bawah pipi dengan cara menyapukan blush ondari atas ke bawah dengan sudut 45 derajat yang mengikuti bentuk tulang pipi.

Teknik pulasan ini dapat membuat ilusi wajah terlihat lebih panjang. Sementara itu, untuk pemilik wajah panjang, Angela menyarankan untuk memulaskan blush ondi bagian atas atau sekitar area tulang pipi, secara horizontal, yaitu ke kanan dan ke kiri secara merata.

Teknik ini dapat menciptakan ilusi wajah lebih lebar. Untuk wanita yang memiliki wajah bentuk kotak, sebaiknya pulaskan blush ondengan cara memutar dan fokus di bulatan pipi. Jika ingin membulatkan sudut rahang, sapu blush on dengan ringan dari dagu ke bagian bawah telinga.

“Untuk wanita yang memiliki wajah heartatau kotak, disarankan untuk tetap mengaplikasikan blush ondi bawah tulang pipi agar terlihat lebih ramping,” kata Angela. Bagi kebanyakan orang Indonesia yang memiliki kulit sawo matang, Angela menyarankan untuk menggunakan blush on warna oranye atau jingga yang akan membuat dandanan terlihat lebih alami.

Sementara, untuk orang yang memiliki kulit putih atau kuning langsat, pulasan warna pinkakan membuat lebih segar dan cute. Intinya, pilih blush onsatu warna lebih terang atau lebih gelap dibandingkan warna kulit agar wajah terlihat kontras dan cerah.

“Tersenyumlah saat memakai blush ondi depan cermin sehingga akan memperlihatkan bagian menonjol di pipi dan membuat wajah terlihat lebih proporsional,” kata Angela. Adapun penata rias profesional Laura Mercier mengatakan bahwa pemilihan warna menjadi faktor yang sangat penting dalam pengaplikasian blush on.

"Bagi Anda yang memiliki kulit pucat, warna roseL'Oréal Paris True Match in Spiced Plum akan mencerahkan kulit, warna aprikot dari Yves Saint Laurent Cream Blush in 01 akan memberikan rona yang menyegarkan di kulit berwarna medium, dan warna merah bata Bobbi Brown Pot Rouge for Lips and Cheeks in Pink Truffle cocok untuk kulit gelap,” tutur Mercier, seperti dikutip dari laman Allure.

Blush onpun memiliki bentuk yang cukup bervariasi. Ada yang berbentuk cream, loose, ataupun powder. Salah satu merek tata rias yang menjadikan blush onsebagai tata rias andalan adalah Canmake, sebuah merek tata rias asal Jepang. Merek ini memiliki tiga varian blush on, yaitu Cream Cheek, Loose Cheek, dan Powder Cheek.

Assistant Brand Manager Canmake Indonesia Christine Victoria menuturkan, Cream Cheek merupakan blush onbertekstur gelyang dapat dengan mudah menyatu dengan kulit. Blush onini hadir dengan berbagai warna cerah, seperti warna pinkdan peachsehingga membuat pipi terlihat merona natural serta tahan lama.

Selain menjadi perona pipi, Cream Cheek juga memberikan kelembapan kulit karena formulasi gelnya yang lentur. “Cream Cheek sangat cocok untuk semua alas bedak dan dapat digunakan di atas alas bedak bubuk maupun cair,” ujar Christine.

Berbeda dengan Cream Cheek yang berbentuk gel, Loose Cheek merupakan blush ondengan tekstur bubuk halus dan lembut yang mudah diaplikasikan untuk menciptakan pipi selembut marshmallow. Blush onserbaguna ini memberikan kebebasan untuk menciptakan shading bernuansa halus.

Blush on ini juga mengandung partikel mutiara yang akan membuat pipi berkilau. “Loose Cheek tersedia bersama puff lembut yang memberikan tampilan halus dan merata,” kata Christine. Sementara itu, Powder Cheeks adalah blush on dengan bubuk ringan yang mudah menempel di pipi.

Powder Cheeks mengandung minyak zaitun yang melembapkan. Aplikatornya terbuat dari nilon yang memudahkan pengaplikasiannya. Menurut penata rias profesional Jillian Dempsey, pemilihan bentuk-bentuk blush on seperti krim, looseataupun powderharus disesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing individu.

“Untuk kulit yang cenderung kering, gunakan blush onberbentuk krim atau gel. Adapun untuk kulit berminyak gunakan blush onberbentuk looseataupun powdersehingga menghindari kulit terlihat semakin berminyak,” kata Dempsey.

Dwi Nur Ratnaningsih
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9270 seconds (0.1#10.140)