MNCTV Kembali Hadirkan Pahlawan untuk Indonesia

Sabtu, 12 September 2015 - 10:40 WIB
MNCTV Kembali Hadirkan Pahlawan untuk Indonesia
MNCTV Kembali Hadirkan Pahlawan untuk Indonesia
A A A
MNCTV kembali menghadirkan MNCTV Pahlawan untuk Indonesia , program khusus yang melibatkan sosok-sosok berdedikasi tinggi di masyarakat. Sosok yang tidak saja membawa perubahan bagi dirinya, juga lingkungan sehingga mampu menginspirasi orang lain.

“Program ini akan tayang di seluruh saluran TV di grup MNC, yaitu MNCTV, Global TV, dan i- NewsTV. Kami juga didukung oleh KORAN SINDO , MNC Channel, Okezone, Sindonews . com , dan semua media di grup MNC. Jadi ini adalah untuk pertama kalinya program MNCTV Pahlawan untuk Indonesia kami buat lebih besar,” kata Pemimpin Redaksi MNCTV Yadi Hendriayana saat press briefing di Auditorium Gedung SINDO, Jakarta, kemarin.

Menurut dia, tim MNCTV Pahlawan untuk Indonesia sudah berkoordinasi dengan juri eksternal, yakni Menteri Riset dan Teknologi Muhammad Nasir dan Rektor Universitas Paramadina Firmanzah. “Kami juga sudah menetapkan dua juri kehormatan, pertama CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo dan Prof Dr Mohammad Mahfud MD, “ kata Yadi.

“Kami membuka peluang sampai 22 September bagi masyarakat yang ingin mengusulkan pahlawanpahlawan, bisa melalui website di Okezone.com dan Sindonews.com ,” kata Pemimpin Redaksi KORAN SINDOPung Purwanto. Nantinya tim membuat 10 kategori. Pendaftar yang masuk, awalnya 50 orang, kemudian disaring menjadi 30, dan nanti ditentukan 10 best of the best .

“Kesepuluh nama itu akan diumumkan pada malam puncak 10 November 2015 di Jakarta,” ujarnya. Kategori yang terdapat di MNCTV Pahlawan untuk Indonesia ini, antara lain Pahlawan Kesehatan, Pahlawan Pendidikan, Pahlawan Lingkungan, Pahlawan Kewirausahaan, Pahlawan Inovasi Teknologi, Pahlawan Budaya, Pahlawan Pelayanan Publik, Pahlawan Pekerja, Pahlawan Hukum dan Keadilan, dan Pahlawan Olahraga.

“Pahlawan-pahlawan yang ada nantinya kami usulkan mendapatkan bintang jasa dari presiden dan ini akan menjadi sebuah kebanggaan bagi mereka yang sudah tanpa pamrih berjuang dan menjadi contoh di masyarakat,” kata Pung Purwanto.

Adapun kriteria pahlawan Indonesia ini, di antaranya orang atau kelompok biasa yang belum pernah menerima penghargaan nasional, tidak memandang jenis kelamin, usia, suku, agama, latar belakang dan lokasi, kegiatan yang dilaksanakan berdampak nyata, langsung dan luas terhadap warga masyarakat sekitarnya.

Kegiatan yang dilaksanakan tergolong unik dan kadang bertentangan dengan kelaziman, kegiatan yang dilaksanakan berpeluang untuk berkembang dan berlanjut pada masa depan, tanpa pamrih, kehilangan kesempatan yang lebih baik dari segi finansial, menjadi inspirasi bagi orang lain, dan tidak pernah terlibat dalam kasus kriminal.

Ada kriteria khusus dalam penjurian kandidat peserta nantinya, yaitu dari segi orisinalitas. Selain itu, kreativitas para kandidat juga akan dilihat untuk membuktikan sejauh mana kandidat bisa mengembangkan ide-ide menjadi hal-hal yang baru. Nah yang terakhir, pengabdian dan pengorbanan. Dalam hal ini akan dilihat sejauh mana totalitas pengabdian kandidat, mengorbankan banyak hal untuk tetap melakukan aktivitas sosialnya.

Iman firmansyah
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5798 seconds (0.1#10.140)