Amankah Saat Menstruasi Konsumsi Obat Pereda Nyeri?

Minggu, 20 September 2015 - 11:15 WIB
Amankah Saat Menstruasi Konsumsi Obat Pereda Nyeri?
Amankah Saat Menstruasi Konsumsi Obat Pereda Nyeri?
A A A
JAKARTA - Sakit kepala, lemas, gangguan mood, kram perut hingga jerawat kerap menghantui para wanita saat menstruasi. Rasa nyeri yang mendera pun kerap mengganggu aktivitas mereka.

Untuk mengatasi rasa nyeri tersebut, banyak wanita yang mengonsumsi obat pereda nyeri. Namun amankah mengonsumsi obat pereda nyeri saat menstruasi?

"Saat rasa nyeri tak tertahankan saat menstruasi, tidak apa-apa mengonsumsi obat pereda nyeri karena hanya beberapa hari," papar dokter spesialis anestesi, Dwi Pantja Wibowo di Jakarta.

Meski demikian, Pantja menyarankan untuk memperhatikan rasa nyeri yang terjadi. Pasalnya, nyeri yang meningkat saat menstruasi bisa jadi tanda endometriosis. Untuk itu sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis obstetri dan ginekolog.

Sayangnya, jika memiliki penyakit tertentu, penggunaan obat pereda nyeri harus dibatasi. Seperti penggunaan parasetamol untuk pereda nyeri haid diperbolehkan asal tidak ada penyakit lainnya.

"Selain mengonsumsi obat pereda nyeri, rasa sakit bisa diatasi dengan melakukan terapi sugesti pun bisa menyelesaikannya," tandasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5942 seconds (0.1#10.140)