5 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Menstruasi Terlambat dan Tidak Teratur

Selasa, 17 Oktober 2023 - 11:58 WIB
loading...
5 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Menstruasi Terlambat dan Tidak Teratur
Beberapa makanan bisa menyebabkan menstruasi terlambat dan tidak teratur. Siklus menstruasi merupakan salah satu indikator penting kesehatan reproduksi wanita. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Beberapa makanan bisa menyebabkan menstruasi terlambat dan tidak teratur. Siklus menstruasi merupakan salah satu indikator penting kesehatan reproduksi wanita. Menstruasi yang teratur merupakan tanda vital yang kelima.

Namun pola siklus menstruasi setiap orang berbeda-beda. Rentang siklus normal sebaiknya berada pada kisaran 25-35 hari agar hormon berfungsi optimal.

Menstruasi yang terlalu dini atau terlambat dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Mulai dari stres, kecemasan, pengobatan, dan terutama pola makan yang berperan sangat penting dalam kesehatan menstruasi Anda.

Makanan Bisa Menyebabkan Menstruasi Terlambat dan Tidak Teratur



Berikut makanan yang bisa menyebabkan telat menstruasi dilansir dari Hindustan Times, Selasa (17/10/2023).



1. Kombinasi Makanan yang Salah


Penting untuk memperhatikan jenis makanan yang Anda gabungkan dan mencoba memakannya dengan cara yang meningkatkan kesehatan pencernaan dan penyerapan nutrisi. Kombinasi yang salah seperti buah setelah makan siang dan teh saat sarapan mengganggu penyerapan nutrisi penting yang diperlukan untuk aliran menstruasi yang sehat dan teratur.

2. Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Olahan


Makanan olahan seringkali tinggi kalori, lemak tidak sehat, dan tambahan gula. Sehingga dapat menyebabkan penambahan berat badan, lonjakan kadar gula darah yang selanjutnya berdampak pada peran hormon estrogen dan progesteron yang diperlukan dalam siklus menstruasi.

5 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Menstruasi Terlambat dan Tidak Teratur

Foto/Infografis SINDOnews

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1930 seconds (0.1#10.140)