Kekurangan Vitamin B12 Sebabkan Penyakit Kulit

Selasa, 17 November 2015 - 08:25 WIB
Kekurangan Vitamin B12 Sebabkan Penyakit Kulit
Kekurangan Vitamin B12 Sebabkan Penyakit Kulit
A A A
JAKARTA - Vitamin B12 adalah salah satu unsur yang paling penting bagi kulit dan menghasilkan kulit yang sehat. Dosis yang tepat dari vitamin B12 membuat kulit terlihat lebih bercahaya. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan beberapa masalah kulit termasuk eksim, hiper-pigmentasi dan kulit kering.

Vitamin B12 adalah nutrisi penting yang ditemukan di sebagian besar sumber makanan hewani. Semua orang membutuhkan setidaknya 2,4 miligram vitamin B12 per hari. Namun, kebutuhannya bervariasi antar orang yang satu dengan yang lain orang. Vitamin B12 terkandung dalam hati, daging, telur, kerang, keju, daging otot, ikan, dll

Defisiensi vitamin B12 menyebabkan gangguan seperti kegagalan memori, anemia, kehilangan nafsu makan, kecemasan dan osteoporosis. Vegetarian berada pada risiko yang lebih tinggi mengalami kekurangan vitamin B12. Oleh karena itu, mereka bisa menambahkan suplemen vitamin B12 untuk mencegah gangguan ini.

Vitamin B12 memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan Anda. Sangat penting untuk pembentukan sel darah merah dan berfungsinya sel-sel saraf. Berikut beberapa manfaat vitamin B12 untuk kulit dan rambut sebagaimana dilansir oleh Boldsky.

1. Mengobati Eksim
Eksim secara langsung terkait dengan kekurangan vitamin B12, dan dengan demikian asupan vitamin B12 dapat mengobati eksim dan gejalanya. Mengkonsumsi makanan kaya vitamin B12 dan mencegah eksim.

2. Menyehatkan Kulit
Vitamin B12 membantu untuk menyembuhkan kulit yang rusak. Ini meratakan warna kulit, mencegah hiper-pigmentasi yang menyebabkan penggelapan kulit. Ini mengurangi pigmentasi kulit untuk sebagian besar.

3. Mempercepat Pertumbuhan Rambut
Vitamin B12 meningkatkan pertumbuhan rambut dengan membantu dalam pembentukan sel darah merah. Adalah salah satu nutrisi penting yang rambut Anda membutuhkan untuk meningkatkan pertumbuhan.

4. Mengobati Pigmentasi
Asupan vitamin B12 juga dikenal untuk menghilangkan bintik-bintik gelap dan noda pada kulit dan menyembuhkan pigmentasi yang tidak merata.

5. Kesehatan Kuku
Kuku yang kurang sehat adalah gejala lain dari kekurangan vitamin B12. Kuku rapuh dan permukaan kuku mengelupas adalah indikatif dari kekurangan vitamin B12.

6. Mencegah Rambut Rontok
Kekurangan vitamin B12 juga memperlambat pertumbuhan rambut dan juga mengakibatkan rambut rontok. Mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin B12 membantu mengatasi rambut rontok dan mempercepat pertumbuhan rambut.

7. Mencegah Kulit Kusam
Kusam atau kulit yang tidak sehat merupakan indikasi kekurangan vitamin B12. Makanan yang kaya vitamin B12, selain membantu dalam diet Anda, juga menambahkan kelembaban pada kulit, sehingga membuat kulit lebih bercahaya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5492 seconds (0.1#10.140)