Hindari Diet dengan 7 Makanan untuk Menjaga Kulit Sehat

Rabu, 02 Desember 2015 - 20:30 WIB
Hindari Diet dengan 7 Makanan untuk Menjaga Kulit Sehat
Hindari Diet dengan 7 Makanan untuk Menjaga Kulit Sehat
A A A
JAKARTA - Kesalahan dalam melakukan diet ternyata dapat menurunkan kulitas kulit Anda. Penelitian telah menunjukan ada makanan tertentu yang dapat mempengaruhi kulitas kulit.

Makanan tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi keriput, alergi, kanker kulit, menimbulkan jerawat dan masih banyak lagi. Nah, jika ingin memiliki kulit sehat dan bersinar, ada 7 jenis makanan diet yang harus Anda hindari. Dikutip dari Times of India, berikut 7 jenis makanan yang justru menurunkan kualitas kulit.

1. Karbohidrat
Diet Karbohidrat

Makanan yang mengandung karbohidrat penuh seperti roti, permen, pasta, soda dan jus dapat menyebabkan timbulnya jerawat di kulit Anda. Jenis karbohidrat memiliki kecenderungan untuk meningkatkan kadar gula darah, melepaskan hormon yang merangsang produksi minyak dan membuat penyumbatan sel-sel kulit dan pori-pori lebih cepat.

Jika Anda berjerawat dan khawatir akan muncul keriput, sebaiknya pertimbangkan untuk mengganti karbohidrat dengan olahan yang lebih banyak protein, sayuran dan biji-bijian yang tidak menyebabkan kenaikan pada gula darah.

2. Garam
Jika tidak ingin mengalami mata bengkak dan lingkaran mata menjadi hitam, sebaiknya mengurangi kadar karam pada resep diet Anda. Terlalu banyak mengkonsumsi sodium menyebabkan bengkak pada wajah dan mata.

Makanan yang mengandung garam beryodium dalam dosis yang tinggi telah terbukti meningkatkan terjadinya jerawat. Cobalah makan makanan yang kaya kalium, dan meminimalkan asupan garam Anda. Pastikan untuk membersihkan sayuran, daging dan kacang kalengan untuk mengurangi kadar sodium sebelum dikonsumsi.

3. Alkohol
Mengkonsumsi alkohol terlalu banyak sangat dapat merusak kulit, terutama pada warnanya. Alkohol akan menyebabkan kulit warna kulit menjadi kusam, keriput dan kulit menjadi kering.

Alkohol ini juga dapat menghilangkan vitamin A yang membantu kulit tetap sehat. Selain itu, alkohol dapat memicu terjadinya jerawat, rosacea, eksim dan psoriasis.

4. Lemak
Jika Anda mencoba makan sehat, ingat untuk tetap menjaga lemak merupakan hal yang sangat baik untuk diet. Ada lemak sehat seperti asam lemak omega-3 yang dibutuhkan kulit kita untuk menghindari dari dehidrasi kulit.

Untuk mengindari dehidrasi diharuskan untuk mengkonsumsi makanan seperti kenari, kedelai dan lemak ikan seperti salmon. Lemak ini membantu mencegah terjadinya keriput, peradangan, kulit kering dan jerawat.

Minyak zaitun merupakan tinggi pada kandungan asam oleat yang dianggap sebagai pilihan yang sehat karena menghidrasi kulit dan menjaukan dari potensi kanker kulit dan meningkatkan penyerapan omega-3 dan nutrusi lainnya. Sumber Asam oleat juga dimiliki oleh alpukat dan kacang-kacangan seperti almond dan macadamia.

5. Susu
Diet Susu
Tidak semua produk susu sehat. Studi telah menyarankan susu dapat menyebabkan jerawat dan komedo pada orang yang rentan terhadap jerawat.

Sebuah hormon yang ditemukan dalam susu dikatakan untuk merangsang produksi sel-sel kulit dan penyumbatan dalam pori-pori. Bagi Anda orang yang tentan jerawat, hindari atau membatasi asupan susu.

6. Kopi
Mengkonsumsi 2—3 cangkir kopi berkafein dapat meningkatkan kortisol dalam tubuh Anda. Kartisol berlebihan dapat dikenal sebagai hormon stres terbukti dapat merusak kulit.

Hormon ini juga mempercepat proses penuaan dan dapat menyebabkan dehidrasi, penampilan kusam dan penipisan kulit yang mengarah pada pembentukan garis kerutan dengan cepat. Untuk menhindarinya, cobalah mengonsumsi kopi tanpa kafein.

7. Gula Diet
Penelitian telah membuktikan bahwa gula diet yang tinggi dapat menyebabkan penuaan dini dan kerusakan kolagen dan elastin.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0705 seconds (0.1#10.140)