Diet Sayuran Hijau Turunkan Risiko Glaukoma

Kamis, 21 Januari 2016 - 12:25 WIB
Diet Sayuran Hijau Turunkan Risiko Glaukoma
Diet Sayuran Hijau Turunkan Risiko Glaukoma
A A A
LONDON - Sayuran hijau, seperti bayam dan selada dipercaya kaya akan manfaat kesehatan. Tidak hanya membuat kulit menjadi cerah, diet sayuran hijau juga bisa mencegah glaukoma.

Studi yang dilakukan oleh sekelompok peneliti di Harvard University menemukan, sayuran hijau mengandung nitrat yang sehat untuk mata.

Seperti diketahui, glaukoma merupakan salah satu penyebab utama kebutaan. Dalam studi di Brigham & Women Hospital Harvard Medical School ini, peneliti melibatkan 63.893 responden wanita dan 41.094 pria.

Hasil studi ini pun menemukan, mereka yang mengidap glaukoma adalah orang yang jarang mengonsumsi sayuran hijau dalam menu dietnya. Tidak hanya itu, mereka yang mengonsumsi sayuran hijau dalam jumlah tinggi mengalami penurunan risiko glaukoma hingga 30%.

"Nitrat makanan, terutama yang berasal dari sayuran berdaun hijau, diubah menjadi oksida nitrat dalam tubuh dan telah terbukti bermanfaat untuk sirkulasi darah," papar pemimpin penelitian ini, Jae H. Kang, yang dilansir dari Medical News Today.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6655 seconds (0.1#10.140)