Cara Sederhana dan Mudah Membuat Hollandaise Sauce

Rabu, 09 Maret 2016 - 07:07 WIB
Cara Sederhana dan Mudah Membuat Hollandaise Sauce
Cara Sederhana dan Mudah Membuat Hollandaise Sauce
A A A
SINGAPURA - Hollandaise sauce sering dijumpai di berbagai jenis menu makanan Barat, seperti Egg Benedict, Sandwich, hingga Salad. Rasanya yang gurih dengan sedikit sentuhan rasa asam ini membuat berbagai menu makanan tersebut semakin nikmat untuk disantap.

Namun tahukah Anda bahwa membuat hollandaise sauce sangatlah mudah dan sederhana? Tanpa memerlukan banyak bahan dan waktu yang lama, Anda sudah dapat membuat saus berbahan dasar telur kuning ini menjadi begitu istimewa apalagi jika disantap bersama keluarga.

Berikut resep Hollandaise Sauce dari Kitchn yang dapat Anda coba di rumah.

Bahan-bahan:
8-16 sdm mentega tawar
2 butir telur ukuran besar, ambil kuningnya saja
1 sdm air jeruk lemon
1/4 sdt garam
Bubuk cabai secukupnya (opsional)

Cara membuat:
* Lelehkan mentega: gunakan 8 sendok makan mentega untuk saus hollandaise yang kental, atau 16 sendok makan untuk membuatnya lebih cair. Mentega yang digunakan untuk membuat saus hollandaise sebaiknya mentega yang masih hangat.

* Haluskan kuning telur, jus lemon, dan garam di dalam blender. Sambil menghaluskan ketiga bahan tersebut, tuangkan mentega hangat sedikit demi sedikit.

* Jika Anda telah memasukkan setengah dari mentega, Anda dapat melihat saus apakah sudah cukup sesuai dengan keinginan Anda atau belum.

*Jika belum, tambahkan kembali mentega sambil diperiksa apakah saus sudah cukup kental atau cair sesuai dengan keinginan Anda. Idealnya, saus hollandaise haris berwarna kuning muda dan bertekstur halus dan tidak terlalu cair.

* Matikan blender, dan jangan lupa untuk mencicipi rasa dari saus hollandaise Anda.

* Anda dapat menambahkan sedikit garam atau cabai bubuk sesuai selera. Jika saus nampaknya sedikit terlalu kental, tambahkan beberapa sendok makan air sampai saus bertekstur lebih cair.

Sajikan saus dengan telur rebus, sandwich, ataupun sayuran favorit Anda.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9384 seconds (0.1#10.140)