Ini Dia, 7 Ciri-ciri Makeup yang Sudah Kadaluarsa

Jum'at, 25 Maret 2016 - 11:01 WIB
Ini Dia, 7 Ciri-ciri Makeup yang Sudah Kadaluarsa
Ini Dia, 7 Ciri-ciri Makeup yang Sudah Kadaluarsa
A A A
JAKARTA - Selain busana, make up merupakan elemen penting untuk menyempurnakan penampilan wanita. Namun sebelum menggunakannya, pastikan Anda memeriksa masa kadaluarsa peralatan make up Anda.

Pasalnya, setiap produk make up memiliki masa kadaluarsa yang berbeda. Selain itu, menggunakan make up kadaluarsa juga berisiko menyebabkan berbagai macam masalah kulit. Mulai dari jerawat, ruam, iritasi hingga kanker.

Berikut ciri-ciri make up yang sudah kadaluarsa yang dilansir dari Times of India.

1. Eyeliner
Eyeliner jenis pensil dinilai lebih tahan lama dan diganti setiap tiga bulan sekali. Eyeliner pensil yang sudah kadaluarsa biasanya menunjukkan tanda adanya titik putih. Sementara eyeliner cair yang sudah kadaluarsa akan terpisah dan mengeluarkan bau tak sedap.

2. Lipstik
Perubahan tekstur dan aroma menandakan lipstik sudah kadaluarsa. Biasanya, lipstik yang sudah kadaluarsa akan susah diaplikasikan ke bibir.

3. Foundation
Jenis make up ini hanya bertahan selama enam bulan sejak dibuka pertama kali. Biasanya, foundation yang kadaluarsa akan memiliki ciri aroma yang tak sedap, perubahan tekstur dan perubahan warna.

4. Maskara
Aroma yang tak sedap dan tekstur yang berubah menjadi tanda bahwa maskara Anda sudah harus dibuang. Umumnya, maskara hanya bertahan dua sampai tiga bulan.

5. Face powders
Pastikan face powders dan powder blush Anda tidak lebih dari dua tahun. Jika lebih, produk kosmetik ini akan memasuki kadaluarsa dan mengalami perubahan dalam tekstur serta aroma.

6. Eyeshadow
Pastikan eyeshadow Anda tidak memiliki bau yang tak sedap dan berubah warna. Normalnya, eyeshadow akan bertahan selama kurang lebih satu tahun.

Para ahli pun menjelaskan, menggunakan eyeshadow kadaluarsa bisa membawa bakteri ke area mata dan menyebabkan iritasi.

7. Lip Gloss
Tak berbeda dengan lipstik, lip gloss yang kadaluarsa memiliki tanda tekstur yang berubah dan bau yang tak sedap. Selain itu, lip gloss kadaluarsa juga memiliki tekstur yang lebih lengket dan sulit diaplikasikan di bibir.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6603 seconds (0.1#10.140)