Pantai di Brasil Tercemar Banyak Bakteri

Selasa, 14 Juni 2016 - 18:30 WIB
Pantai di Brasil Tercemar Banyak Bakteri
Pantai di Brasil Tercemar Banyak Bakteri
A A A
BRASIL - Seorang ilmuwan baru-baru ini menemukan bakteri berbahaya yang berada di sepanjang pantai Rio de Janeiro, Brasil. Melalui studi akademis, bakteri super tersebut diketahui imun terhadap obat-obatan.

Dilansir dari Reuters, kondisi ini pun membuat pemerintah setempat meningkatkan kewaspadaan. Pasalnya, infeksi bakteri super itu bisa meluas ke wilayah lainnya. Biasanya, bakteri ini ditemukan di rumah sakit.

Kondisi ini pun diklasifikasikan sebagai ancaman kesehatan publik. Studi pertama dilakukan oleh Interscience Conference on Antimicrobial Agents and Chemotherapy di San Diego pada September. Ditemukan bakteri super di Copacabana, Ipanema, Leblon, Botafogo, dan Flamengo.

Copacabana merupakan perairan terbuka tempat kompetisi triatlon akan digelar. Kabarnya, bakteri super ini bisa menyebabkan kesulitan buang air kecil, masalah perut dan usus, infeksi aliran darah, paru-paru dan meningitis. Parahnya, bakteri ini juga bisa membunuh separuh pasien yang terinfeksi.

Studi kedua yang dilakukan laboratorium Oswaldo Cruz Foundation milik pemerintah federal Brasil, menemukan bakteri super di Danau Rodrigo de Freitas di jantung kota Rio dan sungai yang berujung ke Guanara Bay.

Kontaminasi ini dinilai profesor Renata Picao karena kurangnya sanitasi di kota tersebut. Padahal, Rio dihuni oleh sekitar 12 juta orang.

"Bakteri-bakteri ini seharusnya tidak ada di perairan itu. Mereka juga tidak seharusnya ada di lautan," papar Picao.

Sebanyak 10 sampel air yang diambil dari lima pantai, bakteri super ditemukan paling banyak di patai Botafogo. Pada Pantai Flamengo ditemukan bakteri super sebesar 90%, Pantai Copacabana 10% dan Pantai Ipanema serta Leblon ditemukan 50-60% bakteri.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4431 seconds (0.1#10.140)