Tips dan Trik Agar Bangun Lebih Pagi dengan Mudah

Sabtu, 18 Juni 2016 - 14:30 WIB
Tips dan Trik Agar Bangun Lebih Pagi dengan Mudah
Tips dan Trik Agar Bangun Lebih Pagi dengan Mudah
A A A
JAKARTA - Bangun tidur lebih awal perupakan salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat. Dengan bangun lebih pagi, Anda tentu dapat menghirup udara segar dan mulai untuk berolahraga.

Membiasakan diri dengan susatu yang baru memang tidak mudah. Namun, ada sejumlah trik yang bisa Anda lakukan untuk kebiasaan baru ini. Dr. Janet K. Kennedy, seorang psikolog klinis yang juga pendiri NYC Sleep Doctor dan penulis The Good Sleeper: The Essential Guide to Sleep for Your Baby (and You) memberikan trik-trik khusus agar Anda dapat bangun tidur lebih pagi dengan mudah dan terbiasa.

“Cara terbaik yang paling mudah adalah dengan mengatur alarm Anda namun dengan sesuatu yang wajar. Jangan terlalu banyak menggeser jam bangun Anda, seperti jika biasanya Anda bangun pukul 08.30 kemudian memaksa untuk memasang alarm pukul 05.30,” papar Dr. Janet seperti yang dikutip Harper’s Bazaar.

Nah, sebagai permulaan, Anda bisa mengatur alarm Anda 30 menit lebih pagi dari waktu bangun tidur Anda biasanya selama seminggu, kemudian minggu selanjutnya mencoba lebih pagi lagi, dan seterusnya. Setelah tubuh Anda menyesuaikan untuk bangun lebih awal, Anda secara alami akan menjadi mengantuk sebelumnya di malam hari.

Selain itu, jauhkan diri Anda dari alat elektronik sebelum tidur. “Sangat penting untuk menghindari elektronik setidaknya satu jam sebelum tidur untuk memungkinkan pikiran Anda tenang. Jangan periksa email pekerjaan sebelum tidur, karena akan membuat pikiran Anda berputar terus dan sulit untuk tidur,” ujar Janet.

Jika Anda banyak orang bertanya-tanya mengapa banyak yang merekomendasikan olahraga untuk membantu tidur agar lebih mudah sesuai waktunya, ini karena udara segar dan sinar matahari akan membantu untuk meningkatkan energi dengan menekan melatonin tubuh. Melatonin erat kaitannya dengan siklus tidur.

Yang terakhir adalah pastikan bahwa Anda memahami betul berapa jam tubuh Anda membutuhkan tidur. Banyak yang mengatakan bahwa setiap orang harus mendapatkan waktu tidur rata-rata tujuh sampai delapan jam setiap malam. Tapi apakah itu berlaku untuk semua orang? Menurut Janet, tidak.

“Tidak ada aturan tertentu dalam menerapkan aturan seperti itu untuk tidur. Mereka akhirnya akan mengalami tidur yang kurang baik karena mereka berpikir terlalu banyak tentang tidur dan merasa cemas, serta mulai menciptakan masalah yang seharusnya tidak ada. Jika seseorang berada dalam kesehatan yang baik, dapat tidur dengan mudah, dan bangun pada jam yang sama hampir setiap harinya, dia berarti telah mendapatkan tidur yang cukup,” tutur dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9087 seconds (0.1#10.140)