Ayam Goreng Spesial untuk Sajian Hari Raya

Senin, 04 Juli 2016 - 20:25 WIB
Ayam Goreng Spesial untuk Sajian Hari Raya
Ayam Goreng Spesial untuk Sajian Hari Raya
A A A
JAKARTA - Terlalu banyak makanan yang mengandung santan pada saat momen Hari Raya Idul Fitri terkadang justru membuat beberapa orang eneg dan mengalami gangguan pencernaan. Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya untuk juga menyediakan makanan-makanan yang ‘aman’ bagi siapapun yang menyantapnya.

Seperti resep Ayam Goreng Spesial dari Kuali.com yang satu ini. Selain mudah membuatnya, seperti namanya, ayam goreng ini tentu berbeda dari ayam goreng yang biasa disajikan dirumah sehari-hari.

Bertekstur renyah diluar dan lembut di dalam, ayam goreng ini disajikan dengan saus pendamping yang menggugah selera. Selamat mencoba!

Bahan:
4 potong ayam bagian paha atas
4 lembar daun pandan
Minyak untuk menggoreng

Bahan marinasi:
1 sdm pasta cabai
2 sdm bawang putih yang ditumbuk halus
1 sdm bubuk jahe
1 sdt garam
½ sdt merica
¼ sdt gula

Bahan saus:
3 bh cabe merah
2 siung bawang putih
1 cm potong jahe
1 sdm cuka
2 bh jeruk nipis, diperas airnya
Garam dan gula secukupnya

Cara membuat:
Rebus potongan ayam dalam panci air mendidih selama 4-5 menit. Angkat dan sisihkan.

Baluri ayam dengan bahan marinasi dan letakkan sepotong daun pandan yang telah diikat simpul di setiap potong paha ayam, diamkan selama 20 – 30 menit.

Panaskan minyak secukupnya di dalam wajan, namun pastikan ayam dapat terendam ketiga digoreng. Kemudian masukkan ayam, goreng dengan api kecil selama 7-8 menit. Besarkan api sedikit dan tunggu hingga ayam berwarna cokelat keemasan dan renyah di bagian luarnya.

Untuk saus, campurkan bubuk cabai, jahe dan bawang putih ke dalam food processor kemudian proses hingga halus. Tambahkan air jeruk nipis, cuka, gula dan garam secukupnya. Sajikan ayam dengan saus.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5687 seconds (0.1#10.140)