ASI Bermanfaat untuk Lotion Bayi, Benarkah?

Selasa, 19 Juli 2016 - 16:25 WIB
ASI Bermanfaat untuk Lotion Bayi, Benarkah?
ASI Bermanfaat untuk Lotion Bayi, Benarkah?
A A A
NEW YORK - Sejumlah ibu di berbagai negara tengah memanfaatkan ASI (air susu ibu) sebagai perawatan kulit. Mereka memanfaatkan bahan alami tersebut sebagai lotion. Nantinya, lotion ini akan digunakan bagi perawatan kulit bayi.

Beragam resep lotion ASI pun hadir di media sosial Instagram. Umumnya, para ibu mencampurkan ASI dengan beeswax, biji anggur, minyak kelapa dan vitamin E. Semua bahan dicampur dan dibekukan.

"I've reached my highest point of "hippiness" today, I made breastmilk baby lotion!," tulis salah satu ibu yang menunjukkan video pembuatan lotion ASI-nya di Instagram.

Dilansir dari Yahoo, ASI dinilai bisa membantu meredakan eksim, jerawat bayi dan kulit sensitif. Para ibu pun percaya, menggunakan bahan alami dan tanpa pengawet baik untuk kesehatan. Sayangnya, pendapat tersebut tidaklah tepat.

"Meskipun susu mengandung asam lemak dan vitamin lainnya, tapi konsep menggunakan ASI untuk lotion tidak terbukti. Saya tidak paham bagaimana itu benar bisa bekerja lebih baik di banding moisturizer yang dijual di pasaran," papar direktur medis di Icahn School of Medicine, New York, Gary Goldenberg, M.D.

Hal senada juga diungkapkan oleh pakar kulit dari Texas, Dr. Ted Lain, M.D. "ASI mengandung beragam jenis asam laktat yang memicu iritasi pada kulit bayi yang masih sensitif. ASI juga mengandung bakteri yang baik untuk usus bayi, tapi tidak bagus sama sekali ketika diterapkan pada kulit. Faktanya, bisa menyebabkan infeksi," ungkap Dr. Ted.

Demi kesehatan, Gary pun menyarankan untuk menggunakan produk khusus bagi kulit bayi. Pasalnya, tidak semua lotion ASI bisa diaplikasikan bagi kulit bayi, khususnya yang masih sensitif. "Lotion dengan banyak bahan malah akan menimbulkan alergi dan iritasi," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7796 seconds (0.1#10.140)