Waspada! Shower Puff Bisa Menjadi Sarang Kuman

Jum'at, 30 September 2016 - 09:25 WIB
Waspada! Shower Puff Bisa Menjadi Sarang Kuman
Waspada! Shower Puff Bisa Menjadi Sarang Kuman
A A A
JAKARTA - Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Clinical Microbiology mengungkapkan, bahwa shower puff atau bola jaring yang digunakan saat mandi banyak mengandung kotoran dan debu yang berpindah dari tubuh dan terjebak di shower puff. Karena itu, benda ini menjadi sarang kuman.

"Ketika Anda menyimpan benda ini di lingkungan kamar mandi yang hangat dan lembab, maka bakteri dan jamur dapat berkembang," papar dokter kulit dari Knight Dermatology Institute, J Matthew Knight, MD.

Seperti dilansir dari Torontosun, Knight pun menyarankan untuk tidak menggunakan shower puff yang penuh kuman pada kulit yang luka atau baru dicukur. Pasalnya, hal ini bisa membuat bakteri masuk ke dalam kulit yang luka sehingga menyebabkan infeksi.

Demi kesehatan, Knight pun dan 9 dari 10 dermatologis lainnya menyarankan untuk membuang shower puff atau tidak menggunakan sama sekali. Namun jika Anda tetap menggunakan, pastikan Anda menggantinya setiap tiga sampai empat minggu sekali.

Tak hanya itu, Knight juga menganjurkan untuk mengeringkan shower puff dan meletakkannya di tempat yang tidak lembab atau hangat, seperti di dekat kamar mandi. Anda juga bisa menggunakan lap yang terbuat dari kain lembut yang bisa di laundry.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7907 seconds (0.1#10.140)