5 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Berjerawat

Jum'at, 31 Maret 2017 - 18:20 WIB
5 Hal yang Harus Dilakukan...
5 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Berjerawat
A A A
JAKARTA - Jerawat merupakan masalah kulit yang kerap dikeluhkan banyak orang, khususnya para wanita. Berbeda dengan mencegah jerawat, perlindungan saat wajah berjerawat, tentunya harus ekstra.

Penggunan produk skin care tidaklah cukup. Anda juga harus melakukan perawatan dari dalam, seperti melakukan berbagai kebiasaan baik yang akan membuat kulit tetap sehat sehingga proses detoksifikasi pada tubuh terjadi secara rutin.

Berikut beberapa hal yang harus dilakukan ketika wajah berjerawat seperti dikutip dari Sociolla.

1. Menjaga asupan makanan
Menjaga asupan makanan merupakan hal penting untuk mencegah jerawat. Selain menghindari berbagai jenis makanan yang digoreng atau berminyak, ada juga jenis makanan yang wajib Anda konsumsi, yakni makanan dengan kandungan lemak baik, atau omega 3.

Selain membantu proses penyerapan vitamin pada tubuh, omega 3 juga bisa meredakan inflamasi atau peradangan pada kulit. Jenis makanan ini bisa didapat dari ikan atau kacang-kacangan.

2. Rutin konsumsi probiotik
Probiotik atau bakteri baik memiliki fungsi mencegah bakteri jahat yang ada pada tubuh, khususnya di area wajah. Di mana bakteri jahat bisa menimbulkan noda sekaligus memicu timbulnya jerawat. Probiotik bisa di dapat dengan rutin mengonsumsi yogurt, tempe, miso hingga teh kombucha.

3. Berolahraga
Berolahraga bisa mempercepat proses detoksifikasi, menghindari stress dan meningkatkan aliran darah. Mulai lakukan olahraga rutin beberapa kali seminggu. Anda bisa memulai dengan lari atau exercise ringan di rumah.

Namun pastikan Anda rajin memberikan wajah dari berbagai kotoran dan keringat sebelum dan sesudah berolahraga dengan menggunakan produk pembersih yang praktis seperti micellar water.

4. Tidur cukup
Memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas merupakan salah satu hal dasar untuk mendapatkan wajah yang sehat. Sebab, kurang tidur bisa memicu produksi minyak berlebih serta meningkatkan stres pada kulit.

Pastikan Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup dengan menghindari penggunaan gadget menjelang tidur, serta konsumsi air putih dan menggunakan sleeping mask agar kelembapan kulit tetap terjaga selama tidur.

5. Menggunakan sunscreen
Efek peradangan jerawat di wajah akan semakin parah jika tidak melindungi kulit dengan sunscreen. Membiarkan kulit terpapar sinar UV juga bisa menyebabkan timbulnya noda hitam dan garis halus.

Oleh karena itu penggunaan sunscreen setiap beraktivitas di luar ruangan merupakan hal yang wajib. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan topi, outerwear atau payung sebagai perlindungan tambahan.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1023 seconds (0.1#10.140)