6 Langkah Mendapatkan Kulit Wajah yang Cantik dan Sehat Alami

Sabtu, 27 Mei 2017 - 23:30 WIB
6 Langkah Mendapatkan Kulit Wajah yang Cantik dan Sehat Alami
6 Langkah Mendapatkan Kulit Wajah yang Cantik dan Sehat Alami
A A A
JAKARTA - Memiliki wajah yang cantik alami tanpa banyak menggunakan produk make-up tentu menjadi dambaan setiap wanita. Namun banyak dari mereka yang tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk mewujudkan impian tersebut.

Padahal, para wanita hanya perlu melakukan kegiatan sehari-hari yang mudah dan dapat membuat wajah cantik dengan alami. Dikutip dari Webmd, berikut 6 hal yang wajib Anda lakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik dan sehat secara alami.

1. Tidur cukup
Yang harus Anda lakukan adalah bercermin dan lihat keadaan bawah mata Anda. Menurut sebuah penelitian di tahun 2013, orang-orang yang kurang tidur memiliki mata bengkak, lingkaran bawah mata yang gelap, lebih banyak keriput dan kantung mata lebih tebal daripada orang yang beristirahat dengan baik.

Menurut seorang ahli kecantikan Amy Wechsler, hal ini juga disebabkan oleh stres hormon kortisol. “Jika Anda tidak memiliki waktu tidur cukup, tingkat kortisol Anda naik dan itu akan membuat wajah Anda kehilangan kolagen,” papar dia. Amy juga menyarankan agar Anda setidaknya tidur malam selama 7,5 — 8 jam.

2. Berkeringat
Bicara tentang motivasi untuk bergerak lebih banyak, menurut sebuah studi tahun 2014 di McMaster University di Ontario, orang-orang yang berusia di atas 40 tahun yang berolahraga secara teratur memiliki kulit seindah orang-orang yang berusia setengah umur mereka.

Bahkan ternyata, Anda tidak perlu menjalankan lari maraton atau menghabiskan waktu di kelas yoga untuk merasakan hasilnya. Orang-orang dalam penelitian ini hanya berolahraga dengan kecepatan sedang, seperti berlari atau bersepeda selama setengah jam setiap dua kali dalam seminggu.

3. Terlindung dari sinar matahari langsung
Tabir surya yang Anda pakai setiap hari cukup membantu, namun jangan hanya mengandalkan itu. Untuk memastikan Anda benar-benar terlindungi dari sinar UV, kenakanlah kacamata hitam dan cari tempat teduh saat berada di luar rumah, terutama antara pukul 10 pagi hingga 4 sore.

“Tidak ada yang lebih tua dari sinar ultraviolet. Seiring berjalannya waktu, mereka memecah kolagen, menipiskan kulit, dan menyebabkan timbulnya bercak pada wajah,” kata Amy.

4. Tetap terhidrasi
Periksalah kandungan dari pelembab favorit Anda, dan kemungkinan Anda akan melihat zat yang disebut dengan ‘asam hyaluronic’. Zat ini sebenarnya ditemukan secara alami pada kulit Anda, dan ini adalah magnet kelembaban yang diambil dari air yang Anda dapatkan dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

Selain banyak mengonsumsi air putih, cara lain agar kulit tetap terhidrasi secara alami adalah dengan menyantap buah dan sayuran yang sarat dengan air, seperti mentimun, kembang kol, tomat, jeruk bali, dan seledri.

5. Sedikit stres, lebih banyak bahagia
Menurut Amy, saat Anda stres, hormon kortisol akan naik melakukan sejumlah kontak dengan kolagen dan menyebabkan kulit kering dan keriput. Meditasi adalah salah satu cara penghilang stres yang terbukti ampuh, meski bukan satu-satunya. Manjakan diri Anda dengan pijat atau manicure dan pedicure. Anda juga akan merasa lebih baik jika Anda beristirahat dengan baik.

6. Eksfoliasi secara teratur
Sel kulit terus berputar, namun seiring bertambahnya usia dan keadaan lingkungan, terkadang mereka butuh bantuan untuk benar-benar mengelupas. Berikan kulit Anda bantuan agar dapat terkelupas sekali atau dua kali dalam seminggu. Cobalah resep ini setiap hari: campurkan garam, gula pasir, madu secukupnya dan minyak kelapa, aduk hingga menjadi seperti pasta kemudian aplikasikan pada wajah Anda. Buatlah lebih kental jika Anda memiliki kulit berminyak.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 5.4989 seconds (0.1#10.140)
pixels