Samarkan Kantong Mata dengan Ampas Teh

Jum'at, 11 Agustus 2017 - 09:20 WIB
Samarkan Kantong Mata dengan Ampas Teh
Samarkan Kantong Mata dengan Ampas Teh
A A A
JAKARTA - Teh merupakan minuman kaya antioksidan yang digemari banyak orang. Minuman ini lezat disajikan baik secara dingin atau hangat. Namun tak nikmat, minum secangkir teh juga dapat menurunkan kadar stres, meningkatkan metabolisme tubuh hingga mengurangi risiko kanker.

Manfaat lainnya pun bisa didapat dari ampas teh yang bisa dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit. Apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Sociolla.

1. Menyamarkan kantong mata
Terlalu lama menatap layar laptop atau bekerja hingga larut malam juga menjadi salah satu penyebab timbulnya kantung mata yang hitam dan membesar. Selain mengatasinya dengan eye cream, Anda bisa juga memanfaatkan ampas teh untuk mengurangi masalah tersebut. Teh memiliki sifat antiiritasi dan antioksidan tinggi yang dapat mengurangi pembengkakan di area sekitar mata.

Kompres kedua bagian mata dengan ampas teh atau kantung bekas teh yang telah dicelupkan ke dalam air es untuk mendapatkan efek dingin yang menyejukkan. Biarkan sampai Anda merasa rileks, kemudian bilas dengan menggunakan air bersih. Rutin melakukan hal ini minimal seminggu tiga kali, juga bisa mengurangi mata lelah serta membantu mengembalikan rona cerah alami pada kulit di area mata.

2. Mencegah penuaan dini
Anda bisa memanfaatkan ampas teh untuk membuat kulit lebih kencang. Caranya baurkan ampas teh secara merata pada wajah dalam kondisi bersih lalu diamkan hingga mengering. Setelah itu, basuh dan bersihkanlah ampas teh yang menempel pada wajah dengan air suam-suam kuku hingga bersih. Selain dapat membantu memperbaiki jaringan dan elastisitas kulit, bahan alami ini juga baik untuk melawan tanda-tanda penuaan kulit, seperti garis-garis halus, age spot dan juga kerutan.

3. Mengatasi jerawat
Cara pengaplikasiannya pun cukup simpel. Anda hanya perlu mencampurkan ampas teh dengan air hingga teksturnya mengental. Oleskan pada kulit wajah yang berjerawat, kemudian diamkan hingga mengering, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukan langkah ini setiap hari hingga masalah jerawat mereda.

Senyawa katekin di dalam teh bisa melawan bakteri penyebab timbulnya jerawat. Selain lebih ekonomis, menggunakan teh untuk perawatan kecantikan juga lebih efisien dan aman lantaran bahan alami yang minim efek samping.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6775 seconds (0.1#10.140)