Minum Kopi Bisa Mencegah Penyakit Stroke

Jum'at, 22 September 2017 - 09:20 WIB
Minum Kopi Bisa Mencegah Penyakit Stroke
Minum Kopi Bisa Mencegah Penyakit Stroke
A A A
JAKARTA - Kopi tak hanya bisa membuat mata tetap melek ketika akan begadang. Tapi ternyata memiliki manfaat kesehatan. Salah satunya adalah mencegah penyakit berbahaya. Sejumlah penelitian dan laporan medis telah dipublikasikan tentang manfaat kopi unik kesehatan. Dan mereka memiliki berbagai pendapat mengenai konsumsi kopi.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa minum kopi dalam jumlah minimal secara teratur dapat memiliki manfaat kesehatan. Penelitian lain menyatakan bahwa kopi dapat sangat berbahaya bagi kesehatan. Jadi, saat orang awam membaca studi ini, kita bisa agak bingung dengan dampak kopi terhadap kesehatan kita.

Kini, kunci untuk menghindari komplikasi kesehatan dengan mengkonsumsi kopi adalah dengan meminumnya dalam jumlah terbatas. Mengonsumsi satu atau dua cangkir kopi dalam sehari sebenarnya bisa memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Namun, minum banyak kopi, berkali-kali sehari pasti bisa berbahaya bagi kesehatan.

Seiring dengan mengikuti gaya hidup sehat sejak usia muda, kopi juga dapat membantu mencegah penyakit berbahaya di usia muda. Berikut manfaat kopi dalam mencegah 3 penyakit berbahaya dikutip dari Boldsky :

1. Diabetes
Diabetes adalah kelainan metabolik dimana tubuh mengalami resistensi insulin atau tidak menghasilkan insulin yang cukup. Sehingga kadar gula darahnya menjadi lebih tinggi dari normal sehingga menimbulkan sejumlah gejala yang tidak diinginkan.

Diabetes tidak bisa disembuhkan, tapi bisa diobati. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal American Chemical Society mengatakan bahwa antioksidan yang ada dalam kopi dapat menjaga tingkat metabolisme Anda tetap sehat, sehingga menyeimbangkan hormon insulin untuk mencegah diabetes di kemudian hari.

2. Stroke
Stroke adalah kondisi yang serius dan seringkali mengancam jiwa dimana jaringan otak rusak karena pasokan darah yang tidak mencukupi yang disebabkan oleh gumpalan darah. Studi penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi setidaknya secangkir kopi, tanpa gula setiap hari dapat membuat pembuluh darah melebar untuk mencegah pembekuan dan akibatnya mencegah stroke.

3. Alzheimer
Alzheimer adalah kondisi yang berhubungan dengan usia dimana sel otak mulai merosot mempengaruhi memori, fungsi motorik dan kemampuan kognitif seseorang, sehingga mempengaruhi aktivitas kesehariannya. Studi penelitian Amerika telah menemukan bahwa kafein dalam kopi dapat merangsang sel otak agar tetap sehat dan aktif untuk waktu yang lebih lama untuk mencegah penyakit Alzheimer.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4695 seconds (0.1#10.140)