5 Waktu Tepat Menggunakan Pelembab

Jum'at, 08 Desember 2017 - 07:14 WIB
5 Waktu Tepat Menggunakan Pelembab
5 Waktu Tepat Menggunakan Pelembab
A A A
JAKARTA - Tinggal di iklim tropis seperti Indonesia penting menggunakan pelembab. Wanita pun harus tahu waktu untuk mengaplikasikannya sehingga penggunaanya lebih maksimal.

Lalu kapan waktu yang tepat menggunakan pelembab. Nah, berikut ini waktu terbaik untuk menggunakan pelembab seperti dikutip Sociolla.

1. Sebelum tidur
Jadikan pelembab sebagai rutinitas kecantikan sebelum tidur. Pelembab berguna untuk memperbaiki kerusakan kulit yang terjadi saat siang hari. Selain itu, tubuh kehilangan banyak cairan pada waktu tidur sehingga kelembaban kulit pun akan berkurang.

Dengan menggunakan pelembab sebelum tidur, kulit akan tetap terhidrasi dan efek-efek penuaan juga akan terminimalisir. Jika tidak nyaman dengan rasa lengket dari pelembab, pilih pelembab dengan tekstur lebih ringan, seperti lotion atau gel. Untuk kulit tubuh, Anda bisa menggunakan pelembab pada area tertentu, seperti siku, lutut, dan buku-buku jari.

2. Setelah mencuci wajah dan mandi
Setelah mengeringkan kulit wajah dan tubuh, kelembaban kulit akan mulai hilang akibat adanya kontak dengan udara, belum lagi jika cleanser yang digunakan bisa membuat kulit kering. Karena itu, penting untuk segera mengembalikan dan mengunci kelembapan kulit dengan menggunakan pelembab.

Untuk area wajah, usahakan menggunakan pelembab dalam waktu kurang dari 1 menit. Sedangkan pada area tubuh, gunakan pelembab dalam waktu kurang dari 5 menit, setelah Anda mengeringkan tubuh. Dengan cara ini, kelembaban kulit akan terjaga dengan baik.

3. Sebelum dan sesudah bercukur
Bercukur merupakan salah satu bentuk eksfoliasi pada kulit tubuh. Gesekan antara alat cukur dan kulit tidak hanya mengangkat rambut halus, tapi juga mengangkat lapisan sel kulit mati. Saat tereksfoliasi, kulit memiliki kemampuan menyerap kelembapan dengan lebih baik.

Manfaatkan kondisi ini untuk memberikan nutrisi pada kulit. Selain itu, penggunaan pelembab pada kulit yang telah tereksfoliasi juga membantu melindungi lapisan kulit baru dan mencegahnya menjadi kering. Menggunakan pelembab sebelum bercukur juga tak boleh terlewatkan. Selain dapat membantu proses bercukur menjadi lebih mudah, kulit yang lembab juga akan mengurangi terjadinya resiko iritasi pada kulit.

4. Sebelum dan sesudah naik pesawat
Kabin pesawat memiliki tingkat kelembaban sangat rendah yaitu sekitar 10 – 20%. Padahal, kelembaban ruang yang ditempati umumnya berkisar antara 30 – 65%. Pada kondisi ini tubuh akan mengalami beberapa reaksi, salah satunya kulit kering. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan pelembab.

Sebelum naik pesawat, bersihkan wajah dengan micellar water, lanjutkan dengan menggunakan pelembab. Setelah itu, sesaat sebelum mendarat, ulangi kembali langkah tersebut. Dengan begitu, kulit akan tetap lembab, selama dan setelah penerbangan. Untuk hasil yang maksimal, sertai dengan minum air putih yang cukup.

5. Setelah berolahraga
Saat berolahraga, keringat yang keluar dari tubuh akan menguap dan mengakibatkan kulit dehidrasi. Kulit yang dehidrasi dapat menyebabkan sel kulit menjadi lebih cepat mati dan berisiko menyumbat pori-pori pada kulit. Setelah berolahraga, bilas tubuh dan segera gunakan pelembap ringan untuk mengunci kelembapan pada kulit. Jika Anda berolahraga di luar ruangan, jangan lupa untuk menggunakan pelembap ringan dengan kandungan sunscreen sebelum berolahraga.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1015 seconds (0.1#10.140)