Sumbangkan Harta Rp536 Miliar, Oprah Winfrey Filantropi Sejati

Rabu, 10 Januari 2018 - 19:30 WIB
Sumbangkan Harta Rp536 Miliar, Oprah Winfrey Filantropi Sejati
Sumbangkan Harta Rp536 Miliar, Oprah Winfrey Filantropi Sejati
A A A
SEBAGAI seorang taipan media, pembawa acara TV, aktris, sekaligus produser, Oprah Winfrey, memiliki kekayaan yang membuat kita berdecak kagum. Forbes mengestimasi kekayaan Oprah mencapai Rp38 triliun terhitung Juli tahun lalu. Kekayaan ini tentu menjadikannya salah satu wanita Afrika-Amerika terkaya, yang juga menempatkannya sebagai pemilik brand menguntungkan di dunia.

Oprah kini juga dikenal sebagai ratu TV kabel (berbayar). Dia meluncurkan jaringan TV terbarunya yang bernama Oprah Winfrey Network (OWN) pada awal 2011. Selain itu, Oprah memiliki majalah O dan perusahaan produksi Harpo. Dia juga mendirikan sekolah bagi perempuan di Afrika Selatan yang diberi nama Oprah Winfrey Leadership Academy for Girls, di mana ia berinvestasi sebesar Rp536 miliar.

Perusahaan Harpo miliknya memproduksi program TV untuk Dr Phil dan Rachel Ray. Dia pun memproduksi pertunjukan Broadway dan memiliki satelit radio sendiri. Untuk semua lini usahanya itu, Oprah secara rutin menambang Rp3 triliun per tahunnya.

Di balik kesuksesannya, wanita kelahiran 29 Januari 1954 di Kosciusko, Mississippi, AS, itu merupakan sosok filantrop sejati. Wanita bernama lengkap Oprah Gail Winfrey tersebut kerap menyalurkan bantuan ke berbagai kegiatan sosial, terutama untuk anak-anak. Badan amal yang digagasnya, Oprah's Angel Network, telah mengeluarkan jutaan dolar untuk berbagai keperluan, mulai membiayai sekolah di negara miskin di Afrika hingga memberikan bantuan kepada korban badai Katrina.

Pada 1994, dia membuat proposal rancangan undang-undang terkait kebutuhan akan data base untuk membantu melacak pelaku kekerasan terhadap anak. Presiden Bill Clinton menyetujui rancangan undang-undang tersebut dan meresmikannya menjadi undang-undang.

Bersama Sean Penn pada 2011, Oprah turut membantu korban gempa di Haiti yang menewaskan lebih dari 200.000 orang, juga menjadikan jutaan orang tunawisma. Kemurahan hati Oprah telah membuat masyarakat mencintai idolanya tersebut. Dia bahkan mendapat gelar selebritas paling dermawan.

Oprah menduduki peringkat pertama dalam jajaran selebritas dermawan yang diadakan The Giving Back Fun Foundation. Oprah telah menyumbangkan lebih dari Rp536 miliar sebagian besar melalui Oprah Winfrey Foundation. Kontribusi yang diberikan yayasan Oprah Winfrey itu digunakan untuk membantu banyak aspek, termasuk pendidikan dan beberapa program untuk wanita dan anak-anak.

Alasan utama Oprah melakukan hal ini adalah agar dia bisa membuat dampak positif dalam kehidupan orang lain, meskipun dia juga memiliki alasan lain. "Cara yang paling baik untuk membawa kebaikan pada diri sendiri adalah dengan berbuat baik untuk orang lain," ungkapnya.
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4113 seconds (0.1#10.140)