Modifikasi Cheongsam Modern

Sabtu, 17 Februari 2018 - 09:09 WIB
Modifikasi Cheongsam Modern
Modifikasi Cheongsam Modern
A A A
JAKARTA - Merayakan Tahun Baru Imlek, MNC Fashion yang merupakan salah satu saluran dari MNC Channels menggelar Sorella Luna. Acara berupa peragaan busana oleh Yongki Budisutisna dan Rudy Chandra ini menampilkan Cheongsam modern dan telah dimodifikasi.

Deputi MNC Fashion Henry Juniffer menerangkan, Sorella Luna dari MNC Fashion merupakan ajang tahunan yang saat ini memasuki tahun ketiga. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, acara kali ini dia mengajak dua desainer laki-laki yakni Yongki Budisutisna dan Rudy Chandra. Menurutnya pemilihan kedua desainer tersebut adalah untuk menunjukkan kepada para pencinta fashion bahwa desainer laki-laki pun dapat berkreasi dengan busana Cheongsam.

“Kami ingin memperlihatkan kepada fashionista bahwa desainer laki-laki juga mengerti betul kebutuhan perempuan khususnya untuk baju Cheongsam,” kata Henry saat ditemui di Hotel Shangri-La, Jakarta pada Rabu (14/2).

Henry menjelaskan, Cheongsam adalah baju adat bagi perempuan Cina Mandarin yang disebut dengan Qipao (chipao). Baju ini dikenal fashionable di kalangan sosialita dan perempuan berkelas di Shanghai. Dengan berkembangnya ekonomi di Cina, Cheongsam mulai menjadi perhatian di fashion dunia. Desainer ternama dari Perancis Pierre Cardin juga mengakui bahwa Cheongsam telah menginspirasinya untuk membuat gaun malam.

Selain itu, Henry juga menambahkan bahwa Sorella Luna adalah ajang yang bisa dijadikan sumber ide dan kreasi untuk para fashionista dalam memilih busana Cheongsam agar tampil cantik di Hari Imlek. “Saat ini busana Cheongsam sudah banyak mengalami perubahan termasuk dari segi pemilihan warna dan modelnya sendiri,” ujar Henry.

Pada pukul tiga sore, sejumlah tamu yang terdiri dari para sosialita dan fashionista mulai memenuhi Lotus Ballroom Hotel Shangri-La. Para tamu tersebut tampak cantik dan anggun mengenakan Cheongsam dengan berbagai modifikasi warna hingga model. Tak menunggu lama sekitar 30 menit kemudian tempat duduk yang disediakan pun sudah penuh terisi.

Peragaan busana sore itu dimulai dengan peragaan 10 busana ciptaan Yongki Budisutisna. Film In the Mood for Love yang belatar Shanghai tahun 60-an menjadi inspirasi terbesarnya kali ini. Secret menjadi tema yang dia angkat untuk gelaran Sorella Luna tahun ini. “Kalau saya mengeluarkan koleksi ready to wear. Tema saya Secret karena semua orang punya rahasia,” ujar Yongki.

Meski warna gelap seperti biru dan hitam cukup mendominasi namun kesan ceria masih terlihat. “Saya mengeluarkan koleksi berbunga-bunga khsusunya bunga 3D, ada yang aplikasi, ada yang bordir. Jadi, kalau saya lebih colorful dan playful,” lanjut Yongki.

Berbeda dengan Yongki yang menggunakan warna biru dan hitam, Rudy memilih warna merah menyala khas Imlek. Kesan feminin dengan siluet-siluet gaun koktail terlihat dalam peragaan kali ini “Kali ini saya mengangkat tema Spring Glow di mana musim semi itu identik dengan bunga-bungaan. Di sini saya menggambarkan perempuan itu ibarat bunga yang selalu mekar dan selalu ingin terlihat cantik, feminin, dan anggun,” papar Rudy.

Laki-laki yang menjabat sebagai Chairman APPMI DKI Jakarta ini menuturkan acara Sorella Luna menjadi salah satu indikator dari kemajuan fashion Cheongsam. Sebagai seseorang yang merayakan Hari Imlek, ia melihat banyak perkembangan dari segi berbusana dari setiap penyelenggaraan Imlek. “Saya ingin agar MNC Fashion juga menggandeng lebih banyak desainer-desainer muda ikut berkolaborasi dan menampilkan karya-karya terbaru mereka dalam balutan busana Cheongsam,” ujar Rudy.

Sama halnya dengan Rudy, Henry juga berharap agar acara tahunan Sorella Luna bisa semakin meningkatkan perkembangan dunia fashion Tanah Air. Hal tersebut sesuai dengan tujuan utama dari MNC Fashion yang selalu mendukung bertumbuhnya fashion di Indonesia. “Kami berharap melalui event ini busana atau budaya Cina melalui fashion bisa terus berkembang karena MNC Fashion selalu mendukung perkembangan fashion Indonesia,” tutup Henry.

Dalam acara kali ini terdapat keterlibatan sponsor Sharp dan Samkim yang mendukung perayaan Imlek yang difokuskan pada tren fashion Cheongsam. Acara ini kemudian ditutup dengan pengumuman pemennag Best Dress bagi tamu yag dinilai tampil maksimal sesuai dress code acara itu yakni Cheongsam. Rangkaian acara Sorella Luna nantinya akan ditayangkan di MNC Fashion pada tanggal 23 Februari 2018 pukul 21.00-23.00 WIB sebagai program spesial Imlek untuk pemirsa MNC Channels. (Dwi Nur Ratnaningsih)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5286 seconds (0.1#10.140)