Waspada, Insomnia Bisa Sebabkan Masalah Kesehatan Serius!

Jum'at, 16 Maret 2018 - 03:30 WIB
Waspada, Insomnia Bisa Sebabkan Masalah Kesehatan Serius!
Waspada, Insomnia Bisa Sebabkan Masalah Kesehatan Serius!
A A A
JAKARTA - Konsultan kesehatan, Edward Yong menjelaskan bahwa insomnia bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Di antaranya peningkatan nafsu makan yang menyebabkan obesitas dan diabetes, jantung koroner, hipertensi dan gangguan sistem kekebalan tubuh.

"Hipertensi dilaporkan menjadi salah satu penyakit dengan pengobatan serius," ujar Edward melalui keterangan pers yang diterima Sindonews.

Mengingat potensi pada dampak negatif insomnia, Edward menyarankan tiga elemen kualitas tidur yang baik. Di antaranya durasi tidur yaitu panjang tidur harus cukup bagi seseorang untuk beristirahat dan bangun pada keesokan harinya. Kedua adalah kontinuitas. Di mana waktu tidur tidak terhenti.

"Ketiga, kedalaman yaitu tidur harus cukup dalam atau lelap sehingga seseorang merasa segar saat terjaga," sarannya.

Sementara, gangguan tidur khususnya insomnia, sudah menjadi hal yang umum terjadi pada masyarakat modern. Kondisi ini dipicu gaya hidup yang sibuk, stres serta berkembangnya produk elektronik, yang berujung pada kurang tidur.

Penelitian menyebutkan, bahwa prevalensi insomnia di Indonesia dilaporkan sebanyak 10% dari jumlah populasi atau sekitar 28 juta orang. Tingkat masalah tidur di Asia mencapai tingkatan yang terlihat di negara-negara berkembang dan berhubungan terhadap peningkatan gangguan seperti depresi dan kegelisahan.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7038 seconds (0.1#10.140)