Jika 2018 Dad Sneakers Mendominasi, 2019 Eranya Snekers Siluet

Sabtu, 05 Januari 2019 - 07:00 WIB
Jika 2018 Dad Sneakers Mendominasi, 2019 Eranya Snekers Siluet
Jika 2018 Dad Sneakers Mendominasi, 2019 Eranya Snekers Siluet
A A A
Dengan beragam tren sneakers yang muncul pada 2018, prediksi tren untuk tahun 2019 menjadi sangat menarik. Sejumlah label fashion terkenal meluncurkan sneakers dengan siluet baru.

Sepatu sneakers ayah atau yang populer dengan sebutan Dad Sneakers mendominasi tren tahun 2018. Sejumlah selebriti dunia, dari Bella Hadid, Kendall Jenner, sampai Kim Kardashian mengenakan sepatu olahraga bersol tebal ini.

Bukan hanya untuk olahraga atau santai, sepatu yang popuer di era 80-an dan 90-an ini bahkan dikenakan saat menghadiri fashion show, seperti yang dilakukan Bella Hadid pada Dior Homme Autumn/Winter 2018 lalu.

Sejumlah pakar di bidang industri sneakers berbagi prediksi tentang siluet dan tren sneakers di 2019. Analis ritel senior, Katie Smith mengatakan sepatu Dad Sneakers mulai muncul kembali pada 2013 dengan Ozweego keluaran Adidas yang dirancang Raf Simons.

Sepatu ini menyerupai model vintage Adidas, New Balance, dan Skechers era 90-an. Kini, sepatu model ini tidak hanya dikeluarkan brand olahraga, tapi juga brand-brand mewah seperti Louis Vuitton, Balenciaga, Dior, Gucci, Lanvin, dan Prada, “Konsumen saat ini lebih menginginkan sepatu yang memberikan kenyaman. Hal ini menjadi faktor mengapa sepatu sneakers kembali digemari,” ujar Smith seperti yang dilansir dari Footwear News.

Menurut Mayor, Co-Founder Stadium Status Group tahun 2019 akan menjadi tahunnya sneakers baru. Berkaca pada koleksi Jerry Lorenzo tahun 2018 (Fear of God x Nike), sepatu-sepatu model baru akan lahir dan besar di 2019. Baik itu deconstructed sneakers maupun siluet sneakers baru.

Prediksi Mayor ini benar adanya. Di peragaan busana, label-label ternama meluncurkan sneakers dengan siluet yang lebih futuristik. Di peragaan Louis Vuitton Cruise 2019, sepatu sneakers dimodifikasi dengan sol tebal berwarna emas dengan siluet lengkunagn.

“Louis Vuitton menghadirkan basketball shoes dengan model thigh-high, yang membuat seseorang mendapatkan dua sepatu sekaligus, yaitu basketball shoes dan high boots,” ujar Mayor.

Lain lagi di peragaan Gucci Cruise 2019 yang menampilkan snekaer dengan siluet yang unik. Gucci Flashtrek Metallic Leather and Mesh Sneakers dengan sol tebal, penggunaan warna metalik, dan hiasan berupa batu warna-warni membuat sneakers tampil unik.

Siluet yang lebih feminin, ditampilkan Chanel di peragaan busana Chanel Resort 2019. Label fashion asal Perancis ini menghadirkan Ballerina-basketball dengan berbagai macam bahan, mulai dari fake leather dan gliter yang akan memberikan kenyamanan ekstra pada kaki namun tetap bergaya.

Sementara itu menurut Sneaker influencer Henry “Henrock” Francois, warna yang lebih variatif akan mendominasi tampilan sneakers di 2019. Menurutnya akan banyak label yang keluar dari tampilan minimal dan kembali bereksperimen dengan warna.

“Tren sneakers 2019 terbaru adalah sneakers yang memiliki banyak kombinasi warna, kristal buatan, gliter, bahkan juga patch lain yang membuatnya terlihat meriah,” ujar Francois.

Sejumlah label fashion ternama menghadirkan sneakers dengan pilihan warna serta hiasan yang cerah. Miu-miu misalnya menghadirkan Miu Miu Crystal Cap Toe Sneaker dengan taburan kristal buatan. Ada pula Stella McCartney Eclypse Faux Suede Leather and Neoprene Sneakers dengan pilihan warna pastel dan taburan kristal buatan di bagian sol.

Ada pun menurut sneaker influencer lainnya Victoria Chiang sepatu trail dan hiking akan populer di 2019. Menurutnya sudah ada beberapa label mencoba untuk mengadopsi sepatu dengan siluet trail atau outdoor.

Seperti Asics, New Balance, bahkan Balenciaga. “Sepertinya ini akan diikuti oleh label-label lainnya ketika mereka berubah total atau membuat gaya baru untuk sneakers outdor," ujar Chiang.

Kanye West belum lama ini menghadirkan YEEZY Season 6 Desert Rat Boots. Sepatu sneakers ini memiliki siluet layaknya sepatu hiking. Sneakers ini memiliki desain yang kokoh, bertali, serta hadir dalam pilihan warna tanah seperti hijau, hitam, dan cokelat.

Tips Membeli Sneakers

1. Beda Model Beda Fungsi
Sneakers pada dasarnya bermakna sepatu yang dipakai untuk keperluan aktivitas fisik, namun sekarang maknanya telah bergeser.

Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak pula model-model yang dibuat oleh produsen sepatu. Mulai dari running shoes, slip-on, Jordan, statement sneakers, hingga high tops yang edgy. Masing-masing jenis sepatu sneakers tersebut harus dirawat dengan cara yang berbeda pula.

2. Cari Toko Terpercaya

Opsi terbaik untuk membeli sepatu sneakers adalah dengan datang langsung ke toko. Meskipun begitu, jika memutuskan untuk membeli secara online, pastikan untuk memesan pada store yang terpercaya. Seiring dengan makin pesatnya teknologi e-commerce, makin banyak toko-toko yang menjual produknya secara online.

3. Ukuran adalah Kunci

Urusan sepatu harus selalu dikaitkan dengan kenyamanan. Pertimbangan lain yang masih berkaitan dengan ukuran sepatu adalah waktu belanja. Sebisa mungkin pergilah ke toko sepatu di waktu siang atau malam. Di dua waktu inilah kaki membengkak akibat aktivitas harian dan tentunya ukurannya akan berbeda.

4. Cek Kelunturan
Setelah memastikan sepatu yang dipilih asli dan nyaman, langkah selanjutnya adalah mengecek kelenturannya. Meski bermerek sama, dua varian sepatu yang berbeda akan memiliki kelenturan yang berbeda. Sepatu sneakers yang lentur akan awet digunakan dan akan membuatmu kaki betah berlama-lama di dalamnya.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7131 seconds (0.1#10.140)