Teman Cewek Menstruasi? Cowok Harus Gimana?

Sabtu, 04 Mei 2019 - 10:38 WIB
Teman Cewek Menstruasi? Cowok Harus Gimana?
Teman Cewek Menstruasi? Cowok Harus Gimana?
A A A
BAGI sesama perempuan, menghadapi teman yang sedang menstruasi tentu tak terlalu sulit karena bisa merasakan saat tubuh mengalami lonjakan hormon tertentu.

Tapi bagaimana dengan kaum laki-laki yang tidak pernah merasakannya? GENSINDO mewawancarai beberapa laki-laki dengan latar belakang berbeda tentang hal ini.

Seluruh responden mengaku pernah berada dalam situasi serba salah saat teman atau pacarnya mengalami gejala PMS atau menstruasi karena perubahan kondisi psikologisnya. Dari hasil wawancara ternyata juga terdapat dua hasil yang berbeda secara signifikan.

Responden dengan latar belakang pelajar mengatakan bahwa kaum pria tidak perlu melakukan sesuatu dan membiarkannya saja ketika perempuan mengalami menstruasi. "Ya, itu kan takdir perempuan, ya. Jadi kami yang lelaki tidak perlu berbuat apa-apa," sebut Muhammad Sopyan.

Namun, respons dari para pria berusia 20 tahun ke atas mengatakan bahwa pria perlu menjaga teman atau pasangannya agar merasa tenang.

"Kadang dimintai untuk beli pembalut. Ya kalau saya sih turutin aja maunya mereka, selama masih dalam batas wajar," ujar Zaelani, seorang karyawan swasta.

Lalu, hal apa saja yang bisa para pria lakukan ketika teman dan pasangannya mengalami siklus bulanan tersebut? Tentu saja hal yang paling utama adalah menjaga perasaan mereka karena memang tidak mudah jika tubuh mengalami perubahan hormon.

Nah yang berikutnya, laki-laki harus mengetahui apa saja yang membuat mood mereka turun atau naik saat menstruasi. Hindari melakukan hal yang membuat mood-nya turun dan membiarkannya melakukan hal-hal yang membuat mood-nya kembali naik.

Terlepas dari hal tersebut, tentu saja melakukan pertolongan tanggap, seperti membelikan mereka pembalut dan menjadi pendengar yang baik akan membuat pria menjadi sosok yang lebih menawan bagi perempuan.

RAMDHANI KUSUMA PUTRA
GEN SINDO-Universitas Negeri Jakarta
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4596 seconds (0.1#10.140)