Ritual Kecantikan yang Perlu Dilakukan Setiap Hari

Kamis, 22 Agustus 2019 - 22:32 WIB
Ritual Kecantikan yang Perlu Dilakukan Setiap Hari
Ritual Kecantikan yang Perlu Dilakukan Setiap Hari
A A A
JAKARTA - Bicara soal perawatan kulit, ada perbedaan kebutuhan dan masalah yang dimiliki setiap wanita. Ini karena jenis kulit setiap orang berbeda. Kendati demikian, menurut para ahli terdapat beberapa perawatan kulit minimum yang disarankan untuk perawatan kulit wajah paling dasar.

Menggunakan produk pembersih wajah yang gentle menjadi salah satunya. Selain itu, ada beberapa tahapan lain. Berikut ulasannya seperti dilansir Sociolla.

1. Menggunakan produk pembersih wajah yang gentle
Membersihkan muka menggunakan pembersih wajah, termasuk langkah merawat kulit yang tidak boleh dilewatkan. Dalam memilih produk pembersih wajah, dermatolog menyarankan untuk memilih produk yang sifatnya gentle. Tidak hanya dapat membersihkan wajah, tetapi gentle cleanser akan membantu untuk memperbaiki kondisi kulit di malam hari. Gentle cleanser juga tidak akan memberikan rasa kulit seperti tertarik dan keset.

2. Gunakan pelembab 2 kali sehari
Wajah harus dilembabkan sebanyak dua kali yaitu sekali di pagi dan sekali di malam hari. Kelembapan di siang hari berfungsi untuk melindungi dan melembabkan kulit , sedangkan kelembapan di malam hari berfungsi untuk proses perbaikan kondisi kulit.

Baik pemilik kulit kering maupun kulit berminyak, langkah perawatan tersebut sangatlah bermanfaat untuk menutrisi dan mengembalikkan dehidrasi kulit yang telah hilang sehingga kulit pun menjadi lebih lembap dan tidak memproduksi minyak lebih pada wajah.

3. Menggunakan sheet mask setidaknya dua kali dalam seminggu
Diperkaya dengan konsentrasi vitamin dan active ingredients yang cukup tinggi, membuat sheet mask menjadi produk alternatif untuk Anda yang tidak ingin menggunakan serum. Christine Chang, pemilik dari brand Glow Recipe mengatakan bahwa untuk menjaga kulitnya, orang Korea selalu menggunakan sheet mask dua kali sehari atau setidaknya minimal satu kali dalam sehari.

4. Menggunakan sunscreen setiap hari
Setiap harinya, bahaya sinar UV dari matahari kian bertambah parah yang juga dapat menimbulkan dampak buruk dan masalah bagi kulit. Untuk itulah, Anda perlu menggunakan sunscreen setiap hari. Terutama jika hendak pergi keluar rumah. Dr. Anjali Mahto, seorang penulis buku The Skincare Bible, juga menyarankan untuk mengaplikasikan sunscreen setiap hari. Terutama jika gaya hidup Anda sering bekerja atau berada di luar ruangan.

Cobalah untuk menggunakan sunscreen yang memiliki SPF antara 30-50 dan PA+++. Selain melindungi kulit dari sinar UV, Anda juga bisa memperlambat timbulnya masalah penuaan pada kulit melalui penggunaan sunscreen yang rutin sejak dini. (Baca juga: Atta Halilintar, Jualan di Lampu Merah hingga 10 Besar Youtuber Terkaya Dunia ).

5. Menghapus makeup sebelum tidur

Perawatan kulit berikut juga tak kalah penting untuk Anda lakukan apabila ingin memiliki wajah yang bersih dan terhindar dari masalah kulit. Terutama bagi Anda yang gemar menggunakan makeup. Dermatolog menyarankan untuk tidak lupa menghapus makeup sebelum tidur.

Dr. Annie Chiu menjelaskan bahwa tidak membersihkan wajah dari makeup akan membuat kotoran dan sel kulit mati tidak hilang dari kulit sehingga akan memicu terjadinya clogged pores dan jerawat. Nah, untuk membersihkan wajah dari makeup, Anda bisa menggunakan makeup remover atau micellar water.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6154 seconds (0.1#10.140)