Kenali Skin Tone dan Undertone Kulit karena Ini Manfaatnya untuk Anda

Selasa, 17 Desember 2019 - 15:33 WIB
Kenali Skin Tone dan Undertone Kulit karena Ini Manfaatnya untuk Anda
Kenali Skin Tone dan Undertone Kulit karena Ini Manfaatnya untuk Anda
A A A
JAKARTA - Sudah tahu skin tone dan undertone kulit Anda apa? Sebagian dari kita mungkin kerap mengacuhkan masalah ini. Padahal, tahu skin tone dan undertone kulit dapat membantu kita saat ingin menentukan warna riasan sehingga bisa terlihat sempurna.

Sebagian dari Anda mungkin bingung, mengapa ada orang yang cocok memakai warna baju atau warna lipstik tertentu, sementara kalau Anda yang memakainya terlihat kurang cocok. Bisa jadi itu dikarenakan warna-warna tersebut kurang pas dengan skin tone dan undertone yang Anda miliki. Nah, di sinilah pengetahuan tentang skin tone dan undertone terlihat manfaatnya. Sebab, mengetahui kedua hal tersebut dapat berpengaruh pada penentuan shades atau warna dari beberapa produk make-up.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perbedaan antara skin tone dan undertone kulit, simak informasi yang dikutip dari blog The Body Shop berikut ini.

1. Skin Tone
Skin tone merupakan warna kulit yang bisa dilihat langsung pada permukaan kulit dengan mata telanjang. Di Indonesia, skin tone terbagi atas tiga jenis yaitu kuning langsat, putih gading, dan sawo matang. Kuning langsat termasuk warna kulit yang terdapat di antara gelap dan putih. Kebanyakan orang Indonesia, khususnya perempuan, memiliki kulit kuning langsat. Sementara kulit warna putih gading diartikan sebagai warna kulit yang putih namun cenderung pucat. Terakhir adalah jenis skin tone sawo matang yang lebih cenderung mengarah ke kecokelatan atau gelap. Skin tone bisa berubah karena disebabkan oleh beberapa hal seperti kebiasaan sehari-hari, produk skincare, dan paparan sinar matahari. Untuk orang Barat, skin tone terbagi menjadi empat jenis yaitu dark, light, medium, dan tan.

2. Undertone
Undertone artinya warna dasar kulit. Warna dasar kulit ini biasanya ditentukan oleh gen atau keturunan. Hal itu menandakan bahwa undertone kulit tidak akan berubah meski warna kulit berganti menjadi cenderung gelap akibat paparan sinar matahari, misalnya, atau lebih cerah karena pemakaian skincare. Undertone kulit terbagi atas tiga jenis yaitu cool, neutral, dan warm. Perlu diketahui, orang yang memiliki warna kulit hampir sama bukan berarti punya undertone kulit yang sama. Makanya, pastikan Anda tahu secara tepat soal warna dasar kulit Anda agar bisa memperoleh produk make-up yang sesuai.

Cara Mengetahui Undertone Kulit

Skin tone dan undertone kulit sangat berkaitan. Skin tone dipengaruhi oleh undertone kulit yang cukup berpengaruh pada tampilan kulit Anda. Untuk mengeceknya, lihatlah pergelangan tangan bagian dalam dan warna pembuluh darah Anda. Bila pembuluh darah cenderung biru dengan sedikit warna keunguan, maka undertone kulit Anda termasuk cool. Bila warna pembuluh darah warnanya lebih mengarah ke hijau, berarti undertone kulit Anda adalah warm. Kalau warna pembuluh darah Anda cenderung sulit dibedakan, maka Anda memiliki warna dasar neutral.

Saat ingin mengecek undertone kulit berdasarkan warna urat nadi, sebaiknya Anda lakukan di bawah sinar matahari agar mendapat hasil yang tepat. Selain itu, penentuan undertone kulit bisa juga dibedakan dari reaksi kulit bila terkena sinar matahari dengan durasi yang lama. Bila kulit wajah Anda menjadi pink kemerah-merahan, artinya undertone kulit termasuk cool. Kalau kulit tampak kecokelatan, berarti Anda termasuk yang warm tone.
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7938 seconds (0.1#10.140)