Begini Cara Hidup Sehat yang Tepat buat Penderita Epilepsi

Rabu, 01 April 2020 - 21:01 WIB
Begini Cara Hidup Sehat yang Tepat buat Penderita Epilepsi
Begini Cara Hidup Sehat yang Tepat buat Penderita Epilepsi
A A A
JAKARTA - Seluruh dunia setiap 26 Maret memperingati Hari Kesadaran Epilepsi. Peringatan ini dilakukan untuk menciptakan kesadaran tentang epilepsi. Epilepsi merupakan kondisi neurologis yang memengaruhi sistem saraf pusat, terutama otak, dan orang dengan epilepsi mempunyai kecenderungan untuk mengalami kejang berulang.

Seseorang dengan epilepsi harus menghadapi tantangan setiap harinya, karena kejang dapat terjadi kapan saja, dan menyebabkan berbagai gangguan mulai kejang otot, tatapan kosong, perubahan kesadaran hingga gerakan yang tidak terkontrol.

Itu sebabnya penting bagi seorang dengan epilepsi untuk hidup dengan baik dan tetap aman dengan menerapkan gaya hidup sehat. Seperti dikutip laman Boldsky, berikut adalah gaya hidup sehat yang bisa dipilih.

1. Olahraga

Tetap aktif secara fisik dapat membantu Anda untuk tetap memiliki energi positif, namun Hindari olahraga seperti hiking, berenang atau olahraga lain yang bisa membahayakan Anda.

2. Tidur yang Cukup

Orang dengan epilepsi harus tidur cukup jika tidak, akan memicu kejang. Jadi, tidurlah setiap hari dengan cukup.

3. Kembangkan Kebiasaan Sehat

Orang dengan epilepsi harus mulai melakukan kebiasaan sehat seperti makan makanan yang bergizi, minum banyak air, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran dan tidur tepat waktu.

4. Ketahui Pemicunya

Perlu diketahui, Ada banyak hal yang bisa memicu kejang di antaranya stres, kurang tidur, penggunaan alkohol atau narkoba, demam, gula darah rendah, hingga siklus menstruasi.

5. Hindari Minum Alkohol

Hindari Minum alkohol secara berlebihan, karena dapat mengganggu pengobatan Anda hingga dapat meningkatkan risiko kejang.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5597 seconds (0.1#10.140)