alexametrics

Kreator Lokal di Tokopedia Bantu Lawan Corona

loading...
A+ A-
JAKARTA - Seiring meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pandemi COVID-19, kebutuhan akan produk kesehatan dan kebutuhan pokok lain di toko online melonjak signifikan.

Di Tokopedia, khususnya. Riset internal yang dilakukan marketplace digital itu menunjukkan, produk yang paling banyak dicari antara lain berbagai jenis masker, camilan sehat, hingga cairan antiseptik atau hand sanitizer.

External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya menyatakan, belanja online memang bisa menjadi alternatif untuk mengurangi risiko penyebaran virus di tempat ramai sekaligus mendorong bisnis lokal.



"Contohnya dr soap dan Herborist di Tokopedia, terus beroperasi secara online," kata Ekhel, melalui keterangan tertulis yang diterima SINDOnews.

Kreator lokal produk kesehatan di Tokopedia tersebut berperan aktif dalam melawan COVID-19. Tidak hanya berjuang memutar roda perekonomian digital, mereka juga merasa memiliki tanggung jawab sosial untuk terus meningkatkan produksi demi memenuhi kebutuhan masyarakat akan produk kesehatan, terutama di tengah pandemi ini.

Founder dr soap, Eunike Selomith dan Joycellynne Stefanie, mengaku selalu berupaya mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya menjaga kebersihan diri. Melalui produk yang dijualnya, dua bersaudara asal Surabaya itu memperkenalkan rangkaian produk antiseptik untuk perawatan harian dan kebutuhan rumah tangga yang mampu membantu mengeliminasi bakteri.

Varian produk dr soap meliputi cairan pembersih gadget, sanitizer pembersih dudukan toilet, cairan antibakteri penyegar kain, cairan antiseptik, disinfektan multifungsi, deterjen cair premium, dan sabun cuci tangan.

Produk dr soap terbuat dari bahan nabati yang diracik dengan bahan premium pilihan di laboratorium, ramah lingkungan, serta dikemas secara menarik.

Eunike mengungkapkan, setiap produk dr soap aman digunakan oleh siapapun, termasuk ibu hamil atau pemilik kulit sensitif. "Produk kami juga sudah bersertifikasi halal, tidak mengandung SLS, NLS, EDTA, dan paraben serta memiliki nomor Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) di Kementerian Kesehatan RI," ujarnya.

Seiring dengan perkembangan bisnis Eunike dan Stefanie, pada 2019, Engelin Rosafina dan Lani Natalia bergabung sebagai partner dr soap untuk mendirikan perusahaan distribusi. Dengan menggandeng puluhan mitra distributor dan pengecer, dr soap kini tersebar lebih dari 500 ritel offline dan online di seluruh Indonesia.

Menanggapi isu kesehatan COVID-19 yang saat ini terjadi, Eunike melihat penjualan produk dr soap melonjak. “Cairan pembersih gadget, hand sanitizer atau cairan antiseptik, dan pembersih multifungsi termasuk beberapa produk dr soap yang paling banyak dicari masyarakat belakangan ini,” sebut Eunike.

Di sisi lain, dr soap juga berkolaborasi dengan lembaga kemanusiaan serta organisasi perkumpulan dokter untuk menyalurkan bantuan berupa produk hand sanitizer kepada sejumlah instansi kesehatan dan masyarakat yang membutuhkan.

Sementara itu, label Herborist yang berasal dari Semarang dan didirikan oleh Billy Hartono Salim, menghadirkan beberapa rangkaian produk kosmetik dan wewangian seperti lulur, sabun mandi, lotion tubuh, perawatan kulit, dan produk perlengkapan mandi.

Di tengah pandemi COVID-19, Herborist juga berinisiatif memulai produksi hand sanitizer dengan harga terjangkau.

Sumardi Widjaja, COO PT Victoria Care Indonesia yang menaungi label Herborist, mengatakan, awalnya memproduksi cairan antiseptik khusus untuk kebutuhan sanitasi pabriknya. "Setelah melihat perkembangan COVID-19 di Indonesia, kami menggerakkan 2/3 tim produksi untuk fokus membuat produk cairan tersebut secara massal demi membantu masyarakat mendapatkan produk kesehatan dengan mudah," ujarnya.

Herborist juga berkolaborasi dengan pemerintah daerah, salah satunya Pemprov Jateng, untuk menyalurkan bantuan berupa 5.000 liter hand sanitizer kepada instansi kesehatan seperti puskesmas.
(tsa)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak