6 Makanan Berlemak yang Sehat Dikonsumsi

Kamis, 30 Oktober 2014 - 09:05 WIB
6 Makanan Berlemak yang Sehat Dikonsumsi
6 Makanan Berlemak yang Sehat Dikonsumsi
A A A
JAKARTA - Diet lemak adalah langkah awal bagi mereka yang berusaha menguruskan badan atau menghindari menambah berat badan. Tapi, berseberangan dengan kepercayaan umum bahwa lemak itu tidak baik untuk tubuh, tubuh manusia sebenarnya memerlukan jenis lemak tertentu untuk pertumbuhan dan perkembangan kulit.

Lemak jenuh bisa menyebabkan masalah jantung. Tapi, menyantap jumlah lemak tak jenuh dengan tepat bisa melindungi jantung.

Menurut Dietary Guidelines for Americans, orang dewasa rata-rata harus mendapatkan sekitar 20—35% kalori harian mereka dari lemak dan kurang dari 10% kalori harian dari lemak jenuh.

Jadi dimana kita bisa menemukan lemak tak jenuh? Menurut IANS, setidaknya ada enam pilihan sehat yang bisa disantap.

1. Alpukat: separuh buah alpukat mengandung hampir 15 gram lemak dan hampir 10 diantaranya lemak tak jenuh tunggal serta 2 gram lemak tak jenuh jamak. Cobalah pada roti Anda.

2. Kacang Almond (dan kacang-kacangan lainnya): kacang apa saja bisa dikonsumsi untuk makanan ringan sehat, tapi kacang almond memiliki kalori yang paling rendah. Dalam 1 ons, sekitar 23 butir almond utuh, mengandung sekitar 14 gram lemak, termasuk sekitar 9 gram lemak tak jenuh dan 3,5 gram lemak tak jenuh jamak.

3. Salmon (dan ikan berlemak lainnya): salmon mungkin satu dari sejumlah ikan berlemak yang dikenal, tapi tuna, makarel dan sarden juga menawarkan dosis lemak yang sehat untuk jantung.

4. Zaitun (dan minyak zaitun): mencampur 10 buah zaitun besar di dalam salad akan menambah sekitar 5 gram lemak, 3,5 gram diantaranya adalah lemak tak jenuh dan 0,4 gram adalah lemak tak jenuh jamak.

5. Rami (dan biji-bijian lain): satu sendok the biji rami—yang bisa dimasukkan ke salad, sup, smoothies, yogurt dan lainnya—mengandung sekitar 4 gram lemak, termasuk sekitar 1 gram lemak tak jenuh tunggal dan hampir 3 gram lemak tak jenuh jamak.

6. Telur: satu butir telur mengandung sekitar 5 gram lemak, termasuk sekitar 2 gram lemak tak jenuh dan 1 gram lemak jenuh jamak.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8622 seconds (0.1#10.140)