5 Makanan untuk Memiliki Rambut Sehat

Sabtu, 01 November 2014 - 09:56 WIB
5 Makanan untuk Memiliki Rambut Sehat
5 Makanan untuk Memiliki Rambut Sehat
A A A
JAKARTA - Memiliki rambut sehat tidak hanya terbatas pada perawatan luar, perawatan dalam dari pemilihan konsumsi makanan pun diperlukan. Setidaknya ada 5 jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk mewujudkan rambut sehat dan indah.

Apa yang kita makan memang tidak hanya berguna bagi kesehatan dan kulit, tapi juga memainkan peran besar bagi kualitas rambut. Penurunan nutrisi bisa membuat rambut Anda rusak. Inilah kenapa Anda harus memastikan telah mengikuti diet yang sehat dan seimbang yang akan memperkuat folikel rambut dan kulit kepala Anda.

Selain karena diet yang tidak sehat, penyebab rambut rontok, kusam dan lepek adalah kurang tidur, merokok, menggunakan produk yang tidak standar dan bahkan ketidakimbangan hormon. Untuk mengatasinya, sedikitnya ada 5 jenis makanan yang baik untuk rambut Anda.

1. Walnut
Walnut mengandung asam lemak tak jenuh omega-3 dalam jumlah lumayan besar, Vitamin E dan biotin, yang melindungi sel dari tipe DNA apa pun dan kerusakan akibat sinar matahari. Mereka juga mengandung tembaga. Mineral ini memastikan warna alami rambut Anda tidak akan memutih secara dini. Kalau tidak suka makan walnut, Anda bisa menggunakan minyak walnut untuk memasak makanan Anda.

2. Ubi jalar
Mengandung antioksidan bernama beta karotin, yang dibutuhkan tubuh untuk diubah menjadi Vitamin A, ubi jalar akan memproduksi minyak yang akan menjaga kulit kepala Anda sehat dan menjauhkannya dari ketombe. Makanan lain yang juga merupakan sumber beta karotin yang baik termasuk labu, aprikot, wortel dan mangga.

3. Salmon
Rambut membutuhkan Vitamin D dan protein agar tetap sehat dan berkilau. Salmon mengandung semua itu. Selain itu, ikan ini juga mampu menjaga kulit kepala dan rambut tetap terhidrasi. Makanan lain yang memiliki asam lemak tak jenuh termasuk makarel, sarden, ikan trout, biji labu dan alpukat.

4. Telur
Kaya dengan protein, telur mengandung mineral seperti zat besi, belerang, zinc dan selenium. Kurang zat besi adalah salah satu alasan utama rambut rontok. Zat besi disebut membantu sel membawa oksigen ke folikel rambut. Selain telur, zat besi juga ditemukan pada ikan dan ayam.

5. Bayam
Bayam mungkin bukan sayuran yang paling menggugah selera di dunia. Tapi, sayuran ini kaya manfaat. Mengandung Vitamin C, zat besi, folat, dan beta karotin, bayam akan menjaga folikel rambut sehat dan memastikan kulit kepala memiliki cukup minyak untuk mencegah ketombe. Sayuran lain seperti brokoli dan kale juga pilihan yang baik.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1632 seconds (0.1#10.140)