Peringatan Hari AIDS di Lapas Salemba

Sabtu, 29 November 2014 - 14:47 WIB
Peringatan Hari AIDS di Lapas Salemba
Peringatan Hari AIDS di Lapas Salemba
A A A
Dalam memperingati Hari AIDS Sedunia (HAS) setiap 1 Desember, Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi DKI Jakarta (KPAP DKI Jakarta) mengadakan puncak peringatan HAS 2014 pada Sabtu (29/11) di Lapas Kelas IIA Salemba, Jakarta Pusat.

Tema yang diusung tahun ini “Cegah dan Lindungi Diri, Keluarga, dan Masyarakat dari HIV & AIDS dalam Rangka Perlindungan HAM”. Kegiatan HAS 2014 dilakukan secara nasional adalah penandatanganan nota kesepahaman, launching Permenkumham tentang tes HIV bagi seluruh warga binaan di lapas atau rutan serta launchingbantuan hukum bagi ODHA yang menghadapi masalah stigma dan diskriminasi.

Sementara rangkaian kegiatan di Jakarta, KPAP DKI Jakarta, dilaksanakan berbagai kegiatan, antara lain promosi & pencegahan kepada masyarakat, dukungan dan pengobatan berupa bulan bakti KTS (Konseling Tes Sukarela HIV), pemeriksaan fungsi hati (SGOT/SGPT), dan pemeriksaan rongent thorax di 6 lapas, rutan, dan RS Penayoman.

Juga ada acara bakti sosial bagi 1.800 orang WPB, adanya ruang konseling dari psikolog yang sudah dilatih HIV & AIDS, viral load bagi ibu hamil HIV positif dan bayi sebanyak 50 orang, serta pemberian susu formula kepada bayi usia 0–2 tahun dari ibu ODHA. Selain itu, terdapat beberapa kegiatan yang akan dilakukan pada hari ini.

Rendra hanggara
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6724 seconds (0.1#10.140)