Potret Industri Kreatif Indonesia

Selasa, 02 Desember 2014 - 09:33 WIB
Potret Industri Kreatif Indonesia
Potret Industri Kreatif Indonesia
A A A
Acara Hello Fest kembali digelar di Tennis Indoor & Plaza Barat Senayan, 22-23 November lalu. Berbagai komunitas dan individu dari industri kreatif Tanah Air juga berpartisipasi dalam HelloFest 2014.

Acara yang berawal dari inisiatif dari HelloMotion Academy untuk membuat acara graduation show bagi siswasiswinya yang diselenggarakan secara sederhana, kini event tersebut telah membesar dan menjadi ajang kreativitas tingkat nasional di bidang animasi, film pendek, hingga pop culture. Berbagai komunitas dan individu dari industri kreatif Tanah Air juga berpartisipasi dalam HelloFest 2014 .

“Unjuk Rasa Animasi dan Konten Lokal” pun menjadi inisiatif untuk memperkenalkan kreasi terbaru dalam format komik, games , hingga animasi dari rumah produksi lokal. Pada tahun ke-10 ini, HelloFest memiliki empat bidang kegiatan utama. HelloFest Anima Expo, yang merupakan puncak acara Event HelloFest.

HelloFest Movies, yaitu kumpulan karya film pendek partisipan HelloFest . HelloFest Roadshow, yaitu rangkaian tur di berbagai kota, dan HelloFest Global, yaitu program perkenalan Indonesia ke dunia dan dunia ke Indonesia. Terdapat tiga acara utama di HelloFest Anima Expo. HelloFest Movie Competition, yaitu kompetisi film pendek yang ditayangkan di big screen dengan kapasitas penonton 1.000 orang.

Kostu Masa, istilah untuk pengunjung yang menggunakan kostum. KostuMasa Show Off adalah ajang kompetisi yang diadakan di panggung utama. Kemudian, Pasar HelloFest yaitu ekshibisi yang berhubungan dengan industri kreatif di Indonesia. “Hadirnya Festival Animasi serta komik dunia ini bisa menjadi tolok ukur dunia bila Indonesia mampu menghadirkan kualitas anak bangsa dengan kemampuan yang tinggi dalam menghasilkan karyanya,” kata Yudha Negara Nyoman, salah satu pendiri PT Wahana Inspirasi Nusantara, seperti dikutip Okezone .

PT Wahana Inspirasi Nusantara adalah perusahaan yang menyelenggarakan HelloFest. Menurut Yudha, hadirnya gempuran para komikus dunia masuk ke Indonesia semakin membuat gebrakan anak bangsa mampu mengembangkan jati dirinya untuk menghasilkan karya terbaiknya. Ajang ini setidaknya mampu mengangkat derajat kreativitas anak bangsa dari sisi ekonomi kreatif.

Melalui cara inilah dunia tidak akan lagi menganggap sebelah mata komikus Indonesia. HelloFest juga memberikan jabatan kehormatan terhadap lima kreator muda yang dianggap matang dalam berkarya dan memberikan inspirasi. Jabatan tersebut diberi nama HelloFest Master.

Mereka adalah komikus “Si Juki” Faza Meonk, Achmad Rofiq, Firman Widyasmara, Aditya Prabaswara, dan animator Chikita Fawzi. Lima kreator tersebut adalah orang asli Indonesia yang telah berkarier di panggung komik internasional. Sebagian dari mereka mempresentasikan proyek terbarunya di panggung utama.

Pengunjung pun dapat berinteraksi langsung di area ekshibisi yang disediakan secara berbeda oleh HelloFest. “Diharapkan melalui panggung HelloFest , karya mereka dapat dikenal lebih luas oleh publik,” ujar founder HelloFest Wahyu Aditya. Animo masyarakat Indonesia untuk mengikuti acara HelloFest terus meningkat setiap tahunnya.

Sebagai gambaran, hal ini dapat terlihat dari HalloFest 8 Anima Expo yang diadakan pada 2012 lalu, yang berhasil mendatangkan lebih dari 20.000 orang dalam satu hari. Jumlah partisipan untuk kompetisi film pendek 7 animasi lebih dari 300 karya. Jumlah pengunjung yang menggunakan kostum (KostuMasa ) mencapai lebih dari 1.000 orang. Banyak komunitas menganggap HelloFest adalah salah satu event tahunan terbesar di Indonesia untuk ajang cosplay.

Dwi nur ratnaningsih
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6617 seconds (0.1#10.140)