Waspadai Penggumpalan Darah di Kaki Saat Traveling

Rabu, 17 Desember 2014 - 16:29 WIB
Waspadai Penggumpalan Darah di Kaki Saat Traveling
Waspadai Penggumpalan Darah di Kaki Saat Traveling
A A A
JAKARTA - Berlibur memang menyenangkan. Tapi, ada risiko kesehatan yang dihadapi jika duduk terlalu lama dalam perjalanan, yaitu terjadinya penggumpalan darah di kaki.

Jika perjalanan wisata kita menempuh perjalanan yang cukup panjang dengan memakan waktu lebih dari 4 jam, maka risiko untuk terserang immobilisasi cukup besar. Immobilisasi adalah suatu keadaan di mana individu mengalami atau berisiko mengalami keterbatasan gerak fisik.

Menurut dr. Dipa Dwi Jayanthi dari Venosan Clinic, immobilisasi bisa menyebabkan deep vein thrombosis (DVT) atau penggumpalan darah pada pembuluh vena bagian dalam. “DVT ini bisa menyebabkan ganguan kesehatan yang serius yang dapat memicu pulmonary embolism atau emboli paru,” papar dr. Dipa.

Untuk mengurangi risiko DVT, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Pertama adalah gunakan sepatu yang nyaman dan hindari penggunaan high heels selama perjalanan. Selain itu sering-seringlah melakukan peregangan sederhana khususnnya di bagian otot kaki. Peregangan sederhana ini dapat dilakukan dengan cara memanjangkan kaki dan menekuknya beberapa kali.

Agar benar-benar terhindar dari DVT, Dipa menyarankan penggunaan compression stockings (stoking kesehatan) saat berpergian. Stoking kesehatan ini berbeda dengan stoking pada umumnya. Stoking ini dibuat dari bahan yang halus serta didesain oleh tenaga medis profesional dan dibuat dengan memiliki tekanan bergradasi. Tekanan terbesar (100%) berada pada pergelangan kaki dan semakin ke atas tekanan semakin berkurang hingga mencapai 40%. “Untuk pencegahan DVT pada saat perjalanan disarankan untuk menggunakan compression stockings dengan tekanan 8-18 mmHg,” ujar Dipa.

Selain untuk mencegah DVT pada saat perjalanan, stoking jenis ini secara medis juga bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi pemompaan pembuluh darah balik. Sehingga compression stockings ini juga efektif mengurangi keluhan pegal, kram dan bengkak pada otot di kaki.

Memang saat ini banyak stoking kesehatan yang diperjualbelikan. Namun menurut Dipa, tidak semua stoking yang ada di pasaran lulus uji Medical Stocking Tester (MST). Salah satu produk compression stockings yang telah lulus MST adalah produk dari Venosan. Stoking kesehatan ini didesain oleh tenaga medis profesional dan terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi sehingga cocok dan nyaman dipergunakan traveler di iklim tropis.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6725 seconds (0.1#10.140)