Meracik Infused Water

Sabtu, 03 Januari 2015 - 13:48 WIB
Meracik Infused Water
Meracik Infused Water
A A A
Agar tidak monoton, cobalah berkreasi dengan pilihan buah yang lebih variatif dan jangan ragu menambah rempah untuk menciptakan aroma harum. Hmm , jadi tambah semangat minum air. Infused water atau disebut air infus dalam bahasa Indonesia memang menjadi tren di Tanah Air.

Kebiasaan mengonsumsi air bersama potongan buah di dalamnya ini dipopulerkan blogger asal Oregon, Amerika Serikat, bernama Amy Pogue. Dia terinspirasi dari sang ibu. Resep infused water yang paling umum ialah dengan menambahkan potongan lemon. Seperti diketahui, lemon mengandung vitamin C yang ampuh meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk menghilangkan rasa pahitnya, buanglah kulitnya. Cara meraciknya amat sederhana. Untuk satu liter air, cukup siapkan satu buah lemon dan satu buah jeruk nipis. Masukkan dua potongan lemon dan dua potongan jeruk nipis yang sudah dikuliti. Lalu peras sari dari buah yang tersisa untuk menguatkan rasa. Sebaiknya simpan di kulkas selama beberapa jam sebelum diminum.

Minuman ini bisa bertahan dua hari di kulkas. Anda juga bisa membuat air infus dari mentimun. Kandungan silika di dalam mentimun baik untuk menjaga kesehatan otot dan kulit. Potongan mentimun yang sudah direndam berjam-jam dalam air dingin juga bisa digunakan sebagai masker untuk mengurangi peradangan jerawat.

Resep lainnya infused water dengan stroberi dan belimbing. Untuk kurang lebih satu liter air, siapkan satu buah stroberi dan tiga potong belimbing matang. Simpan rendaman ini selama beberapa jam di kulkas sebelum dinikmati. Ingat tidak perlu disaring. Sebaiknya pilih stroberi organik mengingat buah ini paling tercemar pestisida. Adapun belimbing selain kaya vitamin C, juga salah satu buah dengan kalori terendah.

Ya, bukan hanya bisa mengambil manfaat dari rasa air putih yang bertambah segar, Anda juga dapat memetik khasiat untuk kesehatan dari buah yang dijadikan infused water . Sebut saja kombinasi teh hijau, mint, dan jeruk lemon yang berguna membakar lemak, pencernaan, sakit kepala, dan memperlancar pernapasan.

Sementara itu, kombinasi buah stroberi dan kiwi berkhasiat menjaga kesehatan jantung, meningkatkan sistem imun tubuh, mengontrol gula darah, dan menyehatkan pencernaan. Paduan mentimun, jeruk lemon, dan jeruk nipis bermanfaat mencegah kembung, mengontrol nafsu makan, dan menyehatkan pencernaan. Adapun campuran lemon, nipis, dan jeruk berguna untuk sumber vitamin C, menyehatkan pencernaan, dan meningkatkan imunitas.

Cobalah berkreasi dengan menambahkan herbal atau rempah-rempah pada infused water . Seperti jahe, kayu manis, daun mint, daun kemangi, serai, atau seledri. Herbal atau rempah ini dimaksudkan untuk menambah aroma harum minuman, di samping tentunya juga menyimpan manfaat bagi kesehatan. Ambil contoh daun mint, daun ini kaya kandungan antioksidan dan mencegah bau mulut. Sebelum mencampurnya dengan air, robek dahulu daunnya.

Sri Noviarni
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9905 seconds (0.1#10.140)
pixels