Lukman Sardi: Ini Film Drama Keluarga, Kemanusiaan, dan Percintaan

Kamis, 08 Januari 2015 - 15:14 WIB
Lukman Sardi: Ini Film Drama Keluarga, Kemanusiaan, dan Percintaan
Lukman Sardi: Ini Film Drama Keluarga, Kemanusiaan, dan Percintaan
A A A
JAKARTA - Dibalik 98 merupakan film pertama yang disutradarai Lukman Sardi. Film yang berlatar belakang film tentang drama keluarga, kemanusiaan, percintaan dengan latar belakang Mei 1998 saat ini sedang ramai diperdebatkan.

Sebab banyak pihak yang menganggap film yang diperankan Chelsea Islan dan Boy Williams itu dianggap memutarbalikkan sejarah.

Sebagai sutradara, anak dari Alm Idris sardi itu menegaskan bahwa film besutannya bukanlah film yang mengungkap fakta baru dibalik peristiwa kerusuhan bulan Mei 1998.

Lebih lanjut ia menjelaskan film yang mengambil set di gedung DPR/MPR ini, mengusung genre drama percintaan. Tragedi 1998 hanya dijadikan latar belakang percintaan sejumlah tokoh di film ini.

“Dibalik 98 versi siapa? Kalau menurut saya, 98 versi keluarga yang ada di film ini. Saya nggak mau fokus ke apa yang terjadi di 1998. Bukan kapasitas saya. Kalau mau kupas tuntas peristiwa 1998 dan dijadikan film itu butuh riset panjang. Bahkan sampai sekarang pun apa yang terjadi di tahun 1998 belum tuntas terungkap," ujar Lukman saat ditemui usai konferensi pers, di Oui Resto, Jl. MH. Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (7/1/2015).

Meski Mei 1998 hanya dijadikan sebagai embel-embel film, namun Lukman dan tim penulis tetap melakukan riset. Seluruh adegan yang berkaitan mengenai peristiwa Mei 1998 bisa dipertanggungjawabkan. Karena, Lukman dan tim melakukan riset terlebih dahulu untuk semua adegan.

"Jadi sebelum saya membuat film ini saya melakukan riset terlebih dahulu dan kita ada orang khusus untuk menceritakan dramatisasi yang terjadi dalam tragedi yang fenomenal itu. Kita enggak milih sembarang orang, namanya Pak Kus," jelas Lukman.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5188 seconds (0.1#10.140)