Data di Film Dibalik 98 Bisa Dipertanggungjawabkan

Jum'at, 09 Januari 2015 - 06:05 WIB
Data di Film Dibalik 98 Bisa Dipertanggungjawabkan
Data di Film Dibalik 98 Bisa Dipertanggungjawabkan
A A A
JAKARTA - Sutradara film Dibalik 98, Lukman Sardi menegaskan bahwa film besutannya itu bukan merupakan film politik. Mengenai data, Lukman Sardi pun berani mempertanggungjawabkannya. Sebab, Lukman dan tim melakukan riset terlebih dahulu untuk semua adegan.

"Jadi sebelum saya membuat film ini saya melakukan riset terlebih dahulu dan kita ada orang khusus untuk menceritakan dramatisasi yang terjadi dalam tragedi yang fenomenal itu. Kita enggak milih sembarang orang, namanya Pak Kus," jelas Lukman saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu 7 Januari 2015.

Untuk memperkuat film, pria 43 tahun ini mengambil data dari beberapa buku-buku yang sudah dipublikasikan.

"Data-data itu bisa kita pertanggung jawabkan. Karena data-data tersebut ada dari buku yang sudah di publish. Bukan yang belum di publish. Seperti bukunya Bapak BJ Habibie. Disitu mungkin bisa dibaca. Ada buku dari Pak Fadli Zone, ada dari si Entong. Bapak Entong Panjaitan. Yang pasti saya nggak bisa nyebutin satu persatu. Semua ada datanya. bukan berdasarkan yang tidak ada data" tutur pria yang akrab dipanggil Memet itu.

Sebagai sutradara, anak dari Alm Idris Sardi ini menjelaskan perlunya ada interpretasi dalam membuat sebuah film.

"Kita sebagai sutradara tentunya perlu interpretasi. Dari data yg ada kita interpretasikan. Tentunya kita pada saat itu secara kita nggak ada disitu. Nggak ada di tempat di dalam cuma Pak Harto sama Pak Habibie berdua. Kita itu dapatkan di bukunya BJ Habibie dan buku itu udah di publish berati sah secara hukum. Secara undang-undang Indonesia. Bukan kita ngarang atau apapun," tutup Lukman.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6417 seconds (0.1#10.140)