Oukup, Sauna Tradisional Khas Batak yang Menyehatkan

Minggu, 01 Februari 2015 - 08:07 WIB
Oukup, Sauna Tradisional Khas Batak yang Menyehatkan
Oukup, Sauna Tradisional Khas Batak yang Menyehatkan
A A A
JAKARTA - Suku Batak dan Karo di Sumatera Utara percaya bahwa tumbuhan merupakan sumber kehidupan dan juga bermanfaat untuk kesehatan. Mereka pun banyak memanfaatkan tumbuh-tumbuhan untuk menjaga kebugaran tubuh mereka.

Salah satunya adalah memanfaatkan tumbuhan dalam sauna tradisional. Sauna tradisional Sumatera Utara atau yang lebih dikenal sebagai matupatau oukup ini telah lama diterapkan di beberapa daerah seperti Tapanuli Tengah, Sibolga, Simalungun, serta Nias.

Dikutip dari Indonesia travel, sejak dahulu wanita asli Batak meyakini bahwa oukup merupakan cara efektif untuk membersihkan tubuh pascamelahirkan. Sauna tradisional ini juga bisa untuk melancarkan peredaran darah serta menghilangkan lemak dan bau badan.

Secara tradisional, oukup merupakan perawatan yang menggabungkan teknik penguapan dan pengasapan dari rebusan air yang dibubuhi rempah tertentu, seperti akar-akaran, daun sereh, pacoli dan masih banyak lagi. Perawatan ini ternyata sudah dilakukan nenek moyang Suku Batak sejak masih tinggal di dalam gua.

Oukup memiliki teknik spa yang unik dan berbeda dibanding dengan etno wellness lainnya. Jika pemijatan pada etno wellness lain dilakukan mulai dari kaki terlebih dahulu, tidak pada oukup. Teknik pijat Batak dimulai dari kepala dengan filosofi bahwa kepala merupakan bagian tubuh manusia yang paling dihormati.

Selain itu, oukup juga menggunakan sirih merah sebagai tumbuhan yang paling banyak digunakan untuk spa dan pengobatan tradisional. Sirih merah sering digunakan di Tanah Batak sehingga sering juga digunakan untuk upacara adat.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3548 seconds (0.1#10.140)