Mengajari Anak Berinteraksi Sosial

Selasa, 03 Februari 2015 - 14:59 WIB
Mengajari Anak Berinteraksi Sosial
Mengajari Anak Berinteraksi Sosial
A A A
Banyak hal yang perlu diajarkan orang tua kepada anak. Salah satunya, soal interaksi sosial. Salah satu interaksi yang paling sederhana adalah tersenyum. Jelaskan pentingnya tersenyum kepada anak.

Ketika mereka berinteraksi dengan orang lain, anak harus tersenyum terlebih dahulu sebelum berinteraksi. Kebiasaan ini perlu diterapkan oleh orang tua sejak dini. Saat berinteraksi, hal penting yang harus diperhatikan adalah sopan santun. Untuk itu, ajarilah anak sopan santun sedini mungkin. Tanpa sopan santun, keterampilan sosial anak tidak akan berguna.

Awalilah dengan mengajarinya mengucapkan “terima kasih” jika dia diberi sesuatu. Selanjutnya, memberi salam. Anakanak harus pandai menyapa orang lain dalam kehidupan sosial. Mereka nantinya akan dihadapkan untuk menyapa guru, orang-orang yang lebih tua, teman-teman, dan kerabat.

Anda perlu mengajari anak cara berhadapan dengan orang-orang baru ketika bertemu dengan mereka. Ini adalah elemen paling penting dari komunikasi sosial. Agar interaksi dengan teman berjalan lancar, ajari anak untuk mengingat nama teman-temannya. Sangatlah penting untuk mengingat nama orang lain ketika anak bertemu dengan mereka.

Lakukan juga hal yang sama ketika mereka pergi ke sekolah Hal lainnya, ajari anak menjadi pendengar yang baik. Mengajarkan anak untuk memiliki keterampilan mendengarkan orang lain juga tidak kalah penting agar anak mampu berinteraksi secara sosial. Mendengarkan akan membantu anak untuk belajar, tumbuh, dan memperluas pengetahuan.

Novi
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7997 seconds (0.1#10.140)