Parfum Solid Semakin Populer

Sabtu, 07 Maret 2015 - 08:57 WIB
Parfum Solid Semakin Populer
Parfum Solid Semakin Populer
A A A
Parfum menjadi kebutuhan untuk tampil percaya diri. Parfum merupakan campuran senyawa aromatik, minyak esensial, fiksatif, dan pelarut yang digunakan untuk memberikan bau wangi.

”Semakin tinggi jumlah persentase senyawa aromatik, maka intensitas dan aroma tersebut akan semakin tahan lama,” tutur Yohan Christian, Marketing Manager Divisi Consumer Makarizo. Umumnya parfum berbentuk cairan yang diwadahkan dalam botol kaca atau plastik, dan diaplikasikan dengan cara disemprotkan.

Yohan menyebutkan, jenis parfum cair bermacam- macam, tergantung jumlah persentase senyawa aromatiknya, di antaranya eau de parfum, eau de toilette , dan eau de cologne . Berdasarkan informasi yang dilansir Style.com, Katie Dickens, beauty editor , menyebutkan bahwa beberapa tahun terakhir ini label kecantikan menciptakan parfum jenis terbaru yang bukan lagi berbentuk cair, namun berbentuk solid.

”Parfum solid adalah parfum padat yang pada umumnya terbuat dari campuran fume oil dan wax . Parfum jenis ini sangat aman di kulit karena memang untuk digunakan di kulit,” tutur Katie. Penggunaan parfum solid berbeda dengan penggunaan parfum cair yang biasa disemprotkan ke badan.

Parfum solid biasanya dioleskan di pergelangan tangan, belakang telinga dan leher, atau di jemari kaki dan tangan. Bentuk parfum ini sangat solid sehingga penggunaannya sangat awet atau tidak cepat habis. Sebenarnya parfum jenis ini sudah lama dikenal dan digemari di Eropa karena wanginya dipercaya lebih awet dari parfum cair.

Parfum solid pertama diperkenalkan oleh Kelorina Solid Perfume yang menggunakan bahan KSO infused moringa flower yang dipadatkan dengan pale yellow besswax . Berdasarkan informasi yang dilansir Style.com , baru-baru ini jenis parfum solid semakin beraneka ragam dengan karakteristik desain dan aromanya.

Misalnya catbird tarot deck solid perfume yang terinspirasi dari tarot deck , memiliki kemasan parfum yang bernuansa gelap dan misterius. Parfum solid yang cocok digunakan saat musim dingin ini memiliki aroma unik karena dari campuran aroma mawar turki, dupa, dan serutan pensil.

Ada pula diptyque essences insensees parfum solide yang terinspirasi dari Melange Esta dengan aroma campuran dari tanaman bumper mimosa, lada merah, dan bunga di daratan Grasse, Prancis. Terdapat pula juniper ridge trail resin cologne in big sur . Parfum yang terinspirasi dari big sur di California ini terbuat dari berbagai aroma tanaman, kulit kayu, dan lumut di kawasan Big Sur.

Sementara, sabe masson paris le soft perfume memiliki kombinasi bahan dasar shea butter , minyak tamanu, aroma mangga, dan bunga tiare. Karena mengandung bahan shea butter , parfum ini juga berfungsi melindungi dan melembapkan kulit. Sementara itu, lush sun solid perfume yang diciptakan oleh Lush Mark Constantine memiliki aroma segar karena memadukan bahanbahan seperti aroma jeruk dan mimosa. Ada pula mary greenwell plum solid perfume.

Parfum solid yang diciptakan penata rias legendaris Mary Greenwell itu memiliki kekhasan kemasan juicy stone dengan motif bunga putih dan pohon cendana. Pada dasarnya, baik parfum solid maupun parfum cair memiliki tingkatan aroma atau lazim disebut notes . Setiap notes akan berperan penting dalam menciptakan perpaduan aroma parfum yang dinamis.

”Dalam dunia parfum dikenal beberapa istilah, yakni top notes, mid notes, dan base notes ,” tutur Yohan. Yohan mengatakan top notes adalah aroma yang tercium pertama kali oleh hidung sedetik setelah parfum digunakan. Sesudah top notes, kemudian akan tercium aroma mid notes yang meninggalkan kesan personality wewangian tersebut. Biasanya mid notes memiliki komposisi aroma yang spicy, bunga, atau buahbuahan. Aroma ini biasanya tercium setelah 5 menit pertama hingga 6 jam berikutnya.

Terakhir, yaitu base notes yang merupakan sentuhan akhir yang terpancar dari sebuah parfum. Aroma base notes akan tercium setelah lebih dari 6 jam. ”Pemakaian parfum solid yang benar adalah dengan cara menggosokkan ujung jemari ke dalam wadah parfum sampai lekat di ujung jari,

lalu oleskan tipis dan merata di pergelangan tangan atau nadi, belakang telinga, jari kaki, dan jari tangan, atau di bagian tubuh lain yang Anda sukai,” tutur Catherine Piercy, beauty editor, dilansir dari Vogue.com. Selain membuat tubuh menjadi wangi, karena bahan utamanya adalah KSO, parfum solid juga dapat melembutkan dan menutrisi kulit.

Dwi nur ratnaningsih
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3249 seconds (0.1#10.140)